Text
SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA FOLLOWERS AKUN @OHMYBEAUTYBANK
ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA FOLLOWERS AKUN @OHMYBEAUTYBANK
KHOFIFAH RAHMASARI
Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar.
Perilaku konsumtif di Indonesia selalu mengalami peningkatan, dan hadirnya akun Twitter @ohmybeautybank turut memeriahkannya melalui trend berbelanja online mengenai produk kecantikan. Perilaku konsumtif ini disinyalir sebagai efek penggunaan media sosial yang menstimulasi terjadinya perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial Twitter terhadap perilaku konsumtif pada followers akun @ohmybeautybank. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah uses and effect dan efek media sosial. Metode yang digunakan pada penelitian adalah kuantitatif menggunakan instrumen kuesioner. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh followers @ohmybeautybank dengan sampel 100 responden menggunakan teknik purposive sampling dengan rumus Lemeshow. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media (jumlah waktu, isi media dan hubungan individu dengan media) berpengaruh terhadap perilaku konsumtif sebesar 64% dan sisanya 36% dipengaruhi faktor lain. Adapun perilaku konsumtif yang dilakukan oleh followers akun @ohmybeautybank ditandai dengan pembelian impulsif, pembelian yang tidak rasional, dan pembelian yang bersifat pemborosan.
Kata Kunci : Penggunaan Media Sosial, Twitter, Perilaku Konsumtif, Uses & Effect.
17-UN57.U1-SIK-X-2022 | KOMUNIKASI RAH P 2022 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain