Text
SKRIPSI INVESTIGATING THE STUDENTS’ VIEWS OF TEACHERMADE VIDEO IN SPEAKING CLASS OF THE TWELFTH GRADERS AT SMA N 2 MAGELANG
ABSTRAK
Irawan, Deni. (2022). Investigating the Students’ views of Teacher-Made Video in Speaking Class of the Twelfth Graders of SMA N 2 Magelang. Skripsi. BahasaInggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Tidar. Pembimbing 1 Rini Estiyowati Ikaningrum, S.S., Pembimbing 2 Arum Nisma Wulanjani, S. Pd. M. Pd.
Keyword: Descriptive analysis, Video, Speaking
Pandemi memiliki dampak yang menyeluruh bagi seluruh aspek kehidupan manusia, salah satunya adalah pendidikan. Pandemi memaksa pendidikan di Indonesia dilaksanakan dengan suatu kondisi tertentu. Yang paling sering dijumpai adalah penggunaan media berupa vidio untuk menggantikan pelajaran atau pertemuan tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa kelas dua belas SMA N 2 Magelang terhadap penggunaan video buatan guru pada kegiatan berbicara. Selain itu, penelitian ini mencoba untuk memberikan tambahan literatur atau referensi bagi guru tentang media dalam pengajaran berbicara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang dilakukan terhadap 34 siswa di kelas XII IPS 2. Penulis menggunakan kuesioner dan wawancara yang diadaptasi dari Lialikhova untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas dua belas SMA N 2 Magelang merasakan pengalaman yang sangat baik selama mereka diajar menggunakan video buatan guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil angket bahwa lebih dari 80% dari total siswa menyatakan setuju dengan pernyataan dalam angket. Hasil menunjukkan kebanyakan siswa tertarik diajar menggunakan video buatan guru. Mereka antusias kepada video yang guru mereka buat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas dua belas SMA N 2 Magelang merasakan pengalaman yang sangat baik dalam kemampuan berbicara, pendidikan, dan aspek afeksi selama mereka diajar menggunakan video buatan guru. Oleh karena itu, video buatan guru dapat menjadi alternatif bagi guru untuk memvariasikan media pengajarannya. Studi lebih lanjut juga direkomendasikan untuk meningkatkan atau mendapatkan temuan baru terkait dengan topik yang serupa.
59-UN57.U1-SING-X-2022 | INGGRIS IRA I 2022 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain