Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK
ABSTRAK
Rahayu, Destia Dwi. 2022. “Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kubus dan Balok”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: kemampuan koneksi matematis, lembar kerja siswa, model pembelajaran berbasis masalah.
Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan yang perlu dimiliki siswa, dikarenakan dengan dimilikinya kemampuan tersebut siswa bisa belajar matematika dengan tidak hanya menghafalkan rumus-rumus, tetapi juga paham dengan keterkaitan antarkonsep materi matematika, dengan bidang lain, dan dalam kehidupan sesungguhnya. Pada faktanya, kemampuan tersebut pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandongan masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok. Keefektifan dilihat dari hasil post-test yang dibandingkan dengan KKM. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif berjenis quasi experiment design berbentuk non-equivalent control group design dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandongan tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling, didapatkan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian didapatkan melalui tes kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat normalitas dengan uji Shapiro Wilk dan homogenitas dengan Levene’s test of homogeneity of variance, serta uji kesamaan rata-rata dengan uji Independent sample t test. Uji hipotesis dilakukan dengan uji One sample t test dan uji N-Gain. Hasil uji One sample t test menunjukkan rata-rata kelas eksperimen = 78,53 > KKM, sedangkan pada kelas kontrol = 60,10 < KKM. Uji N-Gain menunjukkan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Hasil post-test kelas eksperimen secara klasikal ≥ 75% siswa mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) efektif untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar kubus dan balok di SMP Negeri 1 Bandongan. Model pembelajaran yang dilakukan secara konsisten dapat membuat siswa terbiasa dalam mengikuti pembelajaran tersebut.
12-UN57.U1-SPM-X-2022 | MATEMATIKA RAH K 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain