Text
SKRIPSI PENGARUH MEDIA BIOLOGI ULAR TANGGA (BIOLARGA) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA SUB MATERI BINOMIAL NOMENKLATUR
ABSTRAK
Sofiyan, Akhmat. 2022. “Pengaruh Media Biologi Ular Tangga (Biolarga) terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Sub Materi Binomial Nomenklatur”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Biologi. Pembimbing 1 Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: biologi ular tangga, pemahaman konsep, binomial nomenklatur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media biologi ular tangga terhadap pemahaman konsep siswa pada sub materi binomial nomenklatur dan mendekripsikan respon siswa dan guru setelah belajar menggunakan media biologi ular tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experimental tipe non-equivalent control group design, populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA MA Matholiul Huda Bugel Jepara, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas X IPA 3 dan satu kelas kontrol yaitu kelas X IPA 2. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta angket respon. Uji Prasyarat analisis menunjukkan data homogen dan tidak berdistribusi normal, selanjutnya analisis hipotesis menggunakan non-parametrik Mann Whitney. Hasil uji Mann Whitney pada nilai postest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan signifikan. Pada hasil uji N-Gain kelas eksperimen 0,8785 kategori tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media biologi ular tangga berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada sub materi binomial nomenklatur, terdapat peningkatan hasil pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen dengan media biologi ular tangga yaitu 0,8785 dengan kategori tinggi, hasil uji hipotesis penelitian menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan hasil kemampuan pemahaman konsep ini tentunya dipengaruhi oleh variabel bebas berupa media pembelajaran yang berbeda dengan nilai signifikansi 0,039 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh media biologi ular tangga pada sub materi binomial nomenklatur terhadap pemahaman konsep siswa, tanggapan respon siswa dan guru tehadap media biologi ular tangga yang dikembangkan termasuk dalam kriteria baik sekali sehingga dapat disimpulkan bahwa media biologi ular tangga sangat baik digunakan dalam pembelajaran.
35-UN57.U1-SPB-X-2022 | BIOLOGI SOF P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain