Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS SOS TEMA “TIM HEBAT TUBUH KITA” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
ABSTRAK
Anggiyani, Riva Duwi. 2022. Pengembangan Komik Berbasis SOS Tema “Tim Hebat Tubuh Kita” sebagai Media Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Komik, SOS, Berpikir Kritis
Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa SMP yang dibuktikan dengan hasil PISA yang menunjukkan bahwa Indonesia berada pada peringkat bawah. Selain itu, kurangnya media pembelajaran untuk pembelajaran daring yang melatihkan keterampilan berpikir kritis. Hal ini sesuai dengan kondisi siswa SMP Negeri 1 Kandangan dimana berdasarkan wawancara singkat dengan salah satu guru mata pelajaran IPA dinyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa SMP Negeri 1 Kandangan masih rendah. Media pembelajaran sebagai alternatif meningkatkan keterampilan berpikir kritis juga masih kurang. Komik berbasis SOS memuat materi dalam bentuk gambaran permasalahan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan juga memuat indikator keterampilan berpikir kritis.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan media komik berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, mengetahui respon siswa terhadap media komik dalam pembelajaran, dan untuk mengetahui pengaruh media komik terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), menggunakan ADDIE sebagai model pengembangannya. Media komik dikembangkan menggunakan aplikasi android Ibis PaintX dalam bentuk PDF. Media diimplementasikan kepada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kandangan. Analisis kelayakan media dihitung menggunakan Aiken‟s V, respon siswa dianalisis dan digunakan untuk menilai kepraktisan media, analisis pengaruh media terhadap keterampilan berpikir kritis siswa menggunakan uji-t dan N-gain. Hasil penilaian kelayakan oleh ahli media dan materi menghasilkan skor total rata-rata 0,788 yang masuk dalam kategori valid. Respon siswa menunjukkan hasil yang positif dengan hasil penilaian 77,18% dengan kategori baik. Pengaruh media terhadap keterampilan berpikir kritis dilihat dari perbedaan hasil pretest dan posttest dihitung menggunakan uji-t dan N-gain dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh t hitung 14,828 yaitu lebih besar dari t tabel dengan nilai 2,045 yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media komik terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Kemudian berdasarkan perhitungan N-gain diperoleh hasil 0,620 yang menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dalam kategori sedang.
27-UN57.U1-SI-X-2022 | IPA ANG P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain