Text
SKRIPSI STUDI EKSPERIMEN PENAMBAHAN TURBO CYCLONE DENGAN VARIASI SUDUT SUDU TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH
ABSTRAK
Suatu efek negatif pada kenaikan pertumbuhan sepeda motor yakni kenaikan pemakaian bahan bakar minyak (BBM). Kenaikan pemakaian bahan bakar dalam sepeda motor bisa dipengaruhi pada sejumlah aspek, contohnya campuran bahan bakar pada udara yang tidak ideal, angka oktan bahan bakar yang dipakai rendah, serta pembakaran yang tidak sempurna. Sebuah solusi guna menurunkan pemakaian bahan bakar dalam sepeda motor yakni melalui pembuatan pusaran udara dimana memasuki karburator maupun ruang bakar sehingga paduan bahan bakar dan udara semakin homogen serta tahap pembakar cenderung lebih sempurna. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui peningkatan daya dan torsi serta penurunan pemakaian bahan bakar hingga emisi gas buang dalam sepeda motor melalui pemasangan turbo cyclone pada kemiringan sudut sudu 35°, 45° dan 55°. Variabel bebas mencakup putaran mesin 5000 rpm, putaran mesin menengah 5500 rpm, putaran mesin tinggi 6000 rpm, bahan bakar RON 92 serta variabel terikat sepeda motor 150 cc. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan torsi dan daya mengalami peningkatan paling optimun pada sudut sudu 45° sebesar 0,30% sedangkan daya mengalami peningkatan sebesar 0,19% dibandingkan dengan sepeda motor tanpa pemasangan turbo cyclone. Dalam konsumsi bahan bakar didapat angka paling efektif dalam putaran mesin 6000 rpm dengan nilai 1,479 L/jam dalam sudut sudu 55°. Emisi gas buang mendapat hasil yang memenuhi nilai standar CO dan HC dalam putaran mesin 6000 rpm melalui pemakaian turbo cyclone sudut sudut 55°.
Kata kunci : torsi, daya, konsumsi bahan bakar,turbo cyclone.
70-UN57.U1-STM-X-2022 | MESIN SAT S 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain