Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA BIO-LEARN APPS BERBASIS DIGITAL LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS X
ABSTRAK
Pengembangan Media BIO-Learn Apps Berbasis Digital Learning Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi BIO-LEARN APPS berbasis digital learning pada materi keanekaragaman hayati kelas X, menganalisis kelayakan aplikasi BIO-LEARN, serta pengaruhnya terhadap penguasaan konsep siswa. Metode penelitian pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Validasi media dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Data penguasaan konsep diperoleh dari hasil pretest dan post-test. Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran oleh ahli materi sebesar 87% dengan kategori sangat layak, penilaian oleh ahli media diperoleh 79,42% dengan kategori layak. Hasil skor tanggapan guru dan siswa terhadap media sebesar 81,75% dan 84,06% dengan kategori sesuai. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sig.0,000 < 0,05 dimana terdapat perbedaan yang signifikan. Rata-rata nilai tes mengalami peningkatan dari 57,42 menjadi 78,38 sehingga penggunaan aplikasi BIO-LEARN berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa.
Kata kunci: BIO-LEARN APPS, Penguasaan Konsep, Digital learning
36-UN57.U1-SPB-X-2022 | BIOLOGI SAR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain