Text
SKRIPSI INTEGRASI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING GUNA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
ABSTRAK
Wijayadi, Kezia M.Z. 2022. “Integrasi Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran Daring guna Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S. Pd., M.Pd., Pembimbing II Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci : Problem based learning, pemecahan masalah, pernapasan manusia, motivasi belajar
Pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang harus dikuasai oleh setiap peserta didik, sehingga perlu adanya pelatihan dan pengembangan terhadap keterampilan pemecahan masalah. Akan tetapi, hasil wawancara yang dilakukan kepada dua guru pengampu mata pelajaran IPA kelas VII dan VIII di SMPN 11 Magelang diperoleh informasi bahwa keterampilan pemecahan masalah belum diajarkan serta dilatih secara optimal dalam kegiatan pembelajaran, penyebabnya model pembelajaran yang kurang sesuai dan belum mengintegrasikan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design yang menggunakan Non Equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 11 Magelang dengan populasi sebanyak 209 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tes tertulis dan ditunjang dengan hasil observasi keterlaksaan kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, uji paired samples T-test, dan uji effect size. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelima indikator pemecahan masalah bervariasi. Indikator pemecahan masalah yang mengalami peningkatan tertinggi pada kelas kontrol yakni understanding dan pada kelas eksperimen yakni analysis. Hasil uji paired samples T-Test menunjukkan signifikansi 0,00 < 0,05 yang artinya memiliki perbedaan atau pengaruh. Hasil uji effect size sebesar 0,968 yang artinya sangat efektif. Hasil tersebut mendasari kesimpulan bahwa model problem based learning berbasis masalah gangguan pada sistem pernapasan manusia efektif untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas VIII.
28-UN57.U1-SI-X-2022 | IPA WIJ I 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain