PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY DAN REPETITION (AIR) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

EKA SUSANTI - Nama Orang;

ABSTRAK
Susanti, Eka. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar; Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Pembelajaran AIR
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan yang penting bagi siswa. Dengan kemampuan tersebut, siswa mampu mengemukakan gagasan atau idenya dalam bentuk matematika. Dengan kemampuan komunikasi matematis siswa mampu berdiskusi dan saling bertukar pikiran untuk menyelesaikan persoalan. Apabila kemampuan komunikasi matematis siswa rendah, hasil belajarnya pun rendah. Maka guru perlu mempraktikkan model pembelajaran yang mampu mendorong keaktifan siswa sehingga dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis mereka. Berdasarkan hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa SMP N 2 Magelang, diketahui kemampuan komunikasi matematis siswa termasuk rendah. Hal tersebut karena model pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif ketika pembelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan model yang mampu mendorong keaktifan siswa. Salah satunya yaitu model pembelajaran AIR. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran AIR, menganalisis tingkat ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung, dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran AIR dibandingkan dengan yang menerapkan model pembelajaran langsung. Metode penelitian ini ialah quasi eksperimen dengan teknik cluster random sampling. Adapun kelas yang terpilih ialah kelas VIII H sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol. Instrumen disini berupa angket, pedoman wawancara dan soal tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas eksperimen mencapai ketuntasan. Sementara kemampuan komunikasi matematis siswa kelas kontrol belum mencapai ketuntasan klasikal. Sementara itu rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran AIR lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung.


Ketersediaan
15-UN57.U1-SPM-X-2022MATEMATIKA SUS E 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA SUS E 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XVI;66HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik