Text
SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN 2 KOTA MAGELANG DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT
ABSTRAK
Rouf. M. A. 2020. “Analisis Kemampuan Metakognisi Peserta didik Kelas VIII MTsN 2 Kota Magelang Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Field Dependent, Field Independent, Kemampuan Metakognisi
Kemampuan metakognisi adalah sebuah kemampuan peserta didik dalam mendapatkan, menyimpan, dan menerapkan ilmu pengetahuannya dengan baik dalam menyelesaikan permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan metakognitif peserta didik dalam data statistik menurut gaya kognitif. field independent dan field dependent di MTs Negeri 2 Kota Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-B MTs Negeri 2 Kota Magelang yang berjumlah 31 subjek. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sample berdasarkan pertimbangan tertentu yaitu berdasarkan hasil subjek dalam menyelesaikan soal tentang kemampuan metakognitif. Metode validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan kecukupan referensial. Pertanyaan tes GEFT, pertanyaan tes kemampuan metakognitif dan instruksi wawancara digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah peserta didik bergaya kognitif field independent dengan kemampuan pemecahan masalah metakognitif baik. Peserta didik dengan gaya kognitif field independent dapat menerapkan indikator kemampuan metakognitif yaitu planning, monitoring, dan evaluating dengan baik. Peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent kurang teliti dalam menyelesaikan soal. Peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent kurang dapat menerapkan indikator metakognisi. Penelitian ini mendeskripsikan bahwa peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dapat menerapkan indikator kemampuan metakognisi dengan baik. Peserta didik yang memiliki gaya kognitif field dependent dapat menerapkan indikator planning dalam mengerjakan soal.
14-UN57.U1-SPM-X-2022 | MATEMATIKA ROU A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain