Text
SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN STEM-PBL (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATIC-PROBLEM BASED LEARNING) SECARA HYBRID LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISTEM REPRODUKSI DAN KEMAMPUAN KOLABORATIF SISWA
ABSTRAK
Liyana Zen. 2022. “Pengaruh Pendekatan STEM-PBL (Science Technology Engineering And Mathematic-Problem Based Learning) Secara Hybrid Learning Terhadap Pemahaman Konsep Sistem Reproduksi Dan Kemampuan Kolaboratif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M. Pd.
Kata kunci: Hybrid Learning, Pendekatan Pembelajaran STEM-PBL, Pemahaman Konsep, Kemampuan kolaboratif, Sistem Reproduksi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEMPBL secara hybrid learning terhadap pemahaman konsep sistem reproduksi dan kemampuan kolaboratif siswa. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain pretest posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 4 SMA N 1 Mojotengah, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar angket. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah nilai pretest dan posstes materi sistem reproduksi, serta hasil pengisian angket kemampuan kolaboratif siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian, dengan diterapkannya pendekatan STEM-PBL secara hybrid learning terhadap pemahaman konsep materi sistem reproduksi dan kemampuan kolaboratif siswa. Pada pengaruh pendekatan STEM-PBL terhadap pemahaman konsep memiliki nilai asymp sig. (2-tailed) sebesar0,387. Sedangkan pada pendekatan STEM-PBL terhadap kemampuan kolaboratif siswa memiliki nilai asymp sig. (2-tailed) 0.115. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada pendekatan STEM-PBL secara hybrid learning pada pemahaman konsep materi sistem reproduksi dan kemampuan kolaboratif siswa.
37-UN57.U1-SPB-X-2022 | BIOLOGI ZEN P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain