Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN BANTUAN PADLET DAN KAHOOT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Putri, Diana Octavia. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Bantuan Media Padlet dan Kahoot Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Keahlian berpikir kritis sangat penting untuk peserta didik agar dapat berpikir logis serta tidak mudah untuk menerima segala suatu informasi. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang menjadikan kemampuan berpikir kritis di sekolah belum mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu contoh permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya inovatif dalam penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Oleh karena itu dalam penelitian ini memberikan sebuah solusi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) yang dipadukan dengan media pembelajaran Padlet dan Kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain non-equivalent control group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan media Padlet dan Kahoot terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi 2 kelas (eksperimen dan kontrol) dengan jumlah tiap kelas sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian ini berupa soal tes berbentuk essay dengan jumlah 10 soal yang terlebih dahulu telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil data yang dihitung perolehan nilai uji t sebesar 0,001 yang artinya nilai Thitung < Ttabel maka penelitian ini dapat dikatakan memiliki perbedaan hasil nilai posttest peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam penggunaan model dan media pembelajaran. Besar pengaruh yang diberikan dalam penelitian ini tergolong dalam kategori tinggi dengan pembuktian uji N-Gain sebesar 0,71 pada kelas eksperimen dan kategori sedang dengan nilai 0,51 pada kelas kontrol. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan bantuan media Padlet dan Kahoot berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Peneliti menyarankan kepada guru agar membiasakan peserta didik dalam latihan soal berbentuk suatu permasalahan yang menuntut peserta didik mahir dalam mengatur strategi dan taktik, dikarenakan indikator mengatur model serta taktik dalam penelitian ini masih rendah. Kepada peneliti lain disarankan untuk membentuk kerja sama yang baik dengan peserta didik dan guru lain yang mengajar sebelum ataupun sesudah jam mengajarnya, karena pembelajaran TGT ini membutuhkan waktu yang cukup lama.
Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, TGT, Kahoot dan Padlet
30-UN57.U1-SI-X-2022 | IPA PUT P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain