Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI FUNGI DALAM DESAIN STAD SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS X SMA ASSALAM TEMPURAN
ABSTRAK
Pengaruh Integrasi Video Pembelajaran Interaktif Materi Fungi Dalam Desain STAD Serta Pengaruhnya Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMA ASSALAM Tempuran. Penelitian ini bertujuan untuk: Menghasilkan produk video pembelajaran interaktif materi fungi yang layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA ASSALAM Tempuran, Mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran interaktif materi fungi terhadap hasil pemahaman konsep siswa kelas X Biologi SMA ASSALAM Tempuran, Mengetahui keefektifan integrasi video pembelajaran interaktif dalam desain STAD terhadap hasil pemahaman konsep siswa kelas X Biologi SMA ASSALAM Tempuran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Mix Method (R&D dengan model 4D dan Quasi Experiment). Analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif dan uji beda untuk mengukur pemahaman konsep menggunakan uji-t (independent sample t-test) dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi video pembelajaran interaktif materi fungi valid dan layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli materi secara keseluruhan memperoleh presentase sebesar 82% dengan kategori “sangat layak dan validasi ahli media hasil penilaian validasi media secara keseluruhan memperoleh presentase sebesar 80% dengan kategori “layak”. Pengaruh integrasi video pembelajaran interaktif dengan desain STAD dinyatakan berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X SMA ASSALAM Tempuran dengan nilai uji-t (independent sample ttest) memperoleh signifikansi (2-tailed) sebesar 001 < 0,05 dan nilai N-Gain pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 42,2% (dengan kategori sedang) sehingga integrasi video pembelajaran interaktif materi fungi dengan desain STAD efektif dalam pemahaman konsep siswa kelas X SMA ASSALAM Tempuran.
Kata Kunci: Video Pembelajaran Interaktif, Desain STAD, Pemahaman Konsep.
39-UN57.U1-SPB-XI-2022 | BIOLOGI HID P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain