PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE SISWA SMP NEGERI 1 MAGELANG PADA MATERI GARIS DAN SUDUT

NUR INDAH FAUZIAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Fauziah, Nur Indah. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Self-Confidence Siswa SMP Negeri 1 Magelang pada Materi Garis dan Sudut. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd.
Kata Kunci: (Creative Problem Solving, Berpikir kritis, Self-Confidence)
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Terdapat kemampuan yang harus dikembangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika yaitu kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis sangat penting dimiliki karena dalam pembelajaran matematika khususnya diperlukan analisis permasalahan bentuk deskripsi ke dalam model matematika melalui penerapan kemampuan berpikir kritisnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran model Creative Problem Solving dengan model pembelajaran langsung, (2) menganalisis siswa dengan self-confidence kategori tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis yang paling baik daripada siswa dengan self-confidence kategori sedang serta rendah, (3) mengidentifikasi interaksi antara model pembelajaran Creative Problem Solving dan self-confidence terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Bentuk desain eksperimen dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Magelang yang berjumlah 250 siswa, kemudian diambil dua kelas yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol. Berdasarkan populasi, sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis variansi dua dengan sel yang tidak sama, dengan prasyarat uji yaitu normalitas diuji menggunakan uji Liliefors dan homogenitas diuji menggunakan uji Bartlett. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) model pembelajaran Creative Problem Solving lebih efektif dibandingkan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi garis dan sudut, (2) self-confidence berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) tidak terdapat interaksi antara model Creative Problem Solving dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kritis.


Ketersediaan
#
Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) MATEMATIKA FAU E 2022
16-UN57.U1-SPM-XI-2022
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA FAU E 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XV;94HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?