PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN RIAS PADA TEMA PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA

KHIYAROTUN NAFISAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Nafisah, Khiyarotun. (2022). “Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Pembelajaran RIAS pada Tema Perubahan Iklim untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran IPA, Berpikir Kreatif, RIAS
Pendidikan di Indonesia saat ini menerapkan kurikulum 2013 yang mendorong siswa menguasai aspek pengetahuan, kemampuan dan sikap sebagai implementasi dari keterampilan abad 21. Implementasi pembelajaran abad 21 salah satunya adalah berpikir kreatif. Pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA) memberi arahan kepada siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran IPA seharusnya sudah tidak berpusat pada guru lagi, namun lebih berpusat pada siswa sehingga siswa membutuhkan beberapa variasi pembelajaran seperti bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam mata pelajaran IPA yaitu modul pembelajaran. Modul pembelajaran dapat dapat diartikan sebagai satu kesatuan bahan pembelajaran yang dapat digunakan siswa secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi di SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid diperoleh data tentang rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa disebabkan oleh pembelajaran yang masih kurang maksimal karena masih terpusat kepada guru sehingga diperlukan suatu modul pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, penulis mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan dan perubahan iklim. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, dan respon siswa dan guru terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII H dengan pengambilan teknik random sampling. Uji coba pengembangan dilakukan secara terbatas dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil uji kelayakan oleh validator menunjukkan kriteria “sangat layak” dengan persentase ahli materi 88,2% dan ahli media 88,4%. Hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari hasil analisis pretest dan posttest dengan menggunakan uji T dan N-Gain diperoleh nilai signifikasi t hitung -17,7 dan t tabel -1,67. Sedangkan hasil perhitungan NGain diperoleh rata-rata skor gain sebesar 0,6 dengan kategori peningkatan “sedang”. Hasil uji kepraktisan diperoleh respon positif dari siswa dan guru IPA dengan persentase 85,05% sehingga modul pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.


Ketersediaan
31-UN57.U1-SI-XI-2022IPA NAF P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NAF P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XIV;98HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik