Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN RIAS PADA TEMA PERUBAHAN IKLIM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA
ABSTRAK
Nafisah, Khiyarotun. (2022). “Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Pembelajaran RIAS pada Tema Perubahan Iklim untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran IPA, Berpikir Kreatif, RIAS
Pendidikan di Indonesia saat ini menerapkan kurikulum 2013 yang mendorong siswa menguasai aspek pengetahuan, kemampuan dan sikap sebagai implementasi dari keterampilan abad 21. Implementasi pembelajaran abad 21 salah satunya adalah berpikir kreatif. Pendidikan ilmu pengetahuan alam (IPA) memberi arahan kepada siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran IPA seharusnya sudah tidak berpusat pada guru lagi, namun lebih berpusat pada siswa sehingga siswa membutuhkan beberapa variasi pembelajaran seperti bahan ajar. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dalam mata pelajaran IPA yaitu modul pembelajaran. Modul pembelajaran dapat dapat diartikan sebagai satu kesatuan bahan pembelajaran yang dapat digunakan siswa secara mandiri. Berdasarkan hasil observasi di SMPIT Ihsanul Fikri Mungkid diperoleh data tentang rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa disebabkan oleh pembelajaran yang masih kurang maksimal karena masih terpusat kepada guru sehingga diperlukan suatu modul pembelajaran yang mampu melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu, penulis mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi pencemaran lingkungan dan perubahan iklim. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, dan respon siswa dan guru terhadap modul pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII H dengan pengambilan teknik random sampling. Uji coba pengembangan dilakukan secara terbatas dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil uji kelayakan oleh validator menunjukkan kriteria “sangat layak” dengan persentase ahli materi 88,2% dan ahli media 88,4%. Hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat dari hasil analisis pretest dan posttest dengan menggunakan uji T dan N-Gain diperoleh nilai signifikasi t hitung -17,7 dan t tabel -1,67. Sedangkan hasil perhitungan NGain diperoleh rata-rata skor gain sebesar 0,6 dengan kategori peningkatan “sedang”. Hasil uji kepraktisan diperoleh respon positif dari siswa dan guru IPA dengan persentase 85,05% sehingga modul pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.
31-UN57.U1-SI-XI-2022 | IPA NAF P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain