Text
SKRIPSI UJI KOMPARASI PEGAS COUNTINOUS VARIABLE TRANSMISSION PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR RON 92
ABSTRAK
Berdasarkan observasi yang dilakukan kepada pengguna sepeda motor bertransmisi otomatis terdapat beberapa keluhan yang dirasakan, hal yang sering dikeluhkan adalah performa yang kurang responsif. Banyak cara meningkatkan performa pada sepeda motor matic salah satunya mengganti spring pada countinous variable transmission (CVT).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, metode ini dilakukan dengan cara menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh mengganti spring terhadap daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik, dan emisi gas buang yang dihasilkan sepeda motor 110 cc dengan variasi spring racing. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda Beat FI 110 cc dengan menggunakan putaran mesin 1500 – 2500 rpm.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil daya terbesar pada spring racing 6,8 hp pada putaran mesin 2000 rpm, sedangkan torsi terbesar yang dihasilkan sebesar 29,91 N.m pada putaran mesin 1500 rpm dengan penggunaan spring racing. Pada konsumsi bahan bakar spesifik diperoleh nilai paling efektif pada rpm 1500 dengan nilai 0,796 kg/kw.jam pada spring racing. Emisi gas buang mendapatkan hasil yang memenuhi standar CO dan HC pada variasi spring racing.
Kata kunci : daya, konsumsi bahan bakar, torsi dan spring
80-UN57.U1-STM-XI-2022 | MESIN YUS U 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain