Text
SKRIPSI UJI EKSPERIMENTAL VOLUME CYLINDER DENGAN VARIASI ECU TERHADAP PERFORMA MOTOR BAKAR INJEKSI
ABSTRAK
Inovasi di bidang teknologi otomotif berkembang pesat terutama pada kendaraan bermotor. motor bakar merupakan mesin penggerak tenaga yang mengubah bahan bakar bensin menjadi energi panas dan akhirnya menjadi energi mekanik. modifikasi volume cylinder bertujuan untuk meningkatkan performa mesin dilakukan oversize yaitu untuk meningkatkan performa mesin dari sebelumnya dalam artian jika diameter dalam cylinder di perbesar maka ukuran piston juga di perbesar. metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan putaran mesin di 6000 rpm, 6500 rpm, dan 7000 rpm. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh peningkatan volume cylinder dan penggunaan ECU juken terhadap daya,torsi,konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. dari hasil pengujian yang telah dilakukan di dapatkan daya maksimum yang di hasilkan pada motor terjadi pada putaran rpm 7000 menghasilkan daya sebesar 11,9 hp pada penggunaan ECU standar dan daya dari penggunaan ECU Juken 5 sebesar 12,9 hp. torsi maksimum yang di hasilkan pada motor terjadi pada putaran rpm 7000 menghasilkan torsi sebesar 12,05 N.m pada penggunaan ECU standar dan torsi dari penggunaan ECU Juken 5 sebesar 13,07 N.m. konsumsi bahan bakar spesifik minimal dari penggunaan ECU Standar dan ECU Juken 5 adalah 2,43 kg/kW.jam pada putaran mesin 7000 rpm. emisi gas buang yang di hasilkan pada motor dengan menggunakan ECU standar untuk konsentrasi CO sebesar 2,26% dan HC 1033 ppm, sedangkan pada penggunaan ECU Juken 5 menghasilkan sebesar 1,99% untuk konsentrasi CO lalu untuk HC sebesar 936 ppm.
Kata kunci: ECU, Volume Cyminder,Daya, Torsi, Konsumsi Bahan Bakar, Emisi Gas Buang
81-UN57.U1-STM-XI-2022 | MESIN SAP U 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain