Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN
ABSTRAK
Amalia, Qonita, 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Tema Pencemaran Lingkungan”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Literasi sains berperan penting bagi peserta didik untuk memahami permasalahan kehidupan sehari-hari sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Toharudin, 2013). Literasi sains Indonesia tergolong rendah, terbukti dari hasil PISA. Salah satu unsur literasi sains rendah karena penggunaan model pembelajaran oleh pendidik (Kurnia et al., 2014). Ardianto & Rubini (2016) menunjukkan kemampuan literasi sains dapat ditingkatkan dengan model PBL. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) menganalisis pengaruh model PBL terhadap kemampuan literasi sains pada tema pencemaran lingkungan. 2) Menganalisis keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL terhadap kemampuan literasi sains pada tema pencemaran lingkungan. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen Non-Equivalen control grup design dengan sampel peserta didik SMP Negeri 02 Jatiyoso kelas VII A (kontrol) dan VII B (eksperimen). Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes literasi, penilaian unjuk kerja dan lembar observasi. Hasil nilai N-Gain kelas ekserimen memperoleh 0,73 dan kelas kontrol 0,31. Hasil uji-t memperoleh nilai Sig. 0,001. Penilaian unjuk kerja kelas eksperimen memperoleh nilai 100 dan 75 skor minimum, kelas kontrol memperoleh 94 dan 56 skor minimum. Hasil observasi keterlaksanaan memperoleh 93% dan 100% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) model PBL berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains peserta didik pada tema pencemaran lingkungan. 2) keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL tergolong sangat baik.
Kata kunci: PBL, Kemampuan Literasi Sains, Pencemaran Lingkungan
33-UN57.U1-SI-XII-2022 | IPA NUR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain