Text
SKRIPSI PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA
ABSTRAK
Sariningtias, R. 2022. ‘’Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran CORE terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika’’ Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran CORE, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Langsung
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah terhadap penerapan model pembelajaran CORE dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII dalam Materi Statistika. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B SMP Negeri 13 Magelang sebagai kelas kontrol dijadikan sampel pada penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas instrumen tes, lembar observasi, lembar validasi, RPP, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil temuan pengujian hipotesis yang dilakukan melalui uji Independent Sample t-test dan uji N-gain diketahui bahwa 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran CORE dibandingkan dengan model pembelajaran langsung; 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan terhadap penerapan model pembelajaran CORE daripada model pembelajaran langsung.
17-UN57.U1-SPM-XII-2022 | MATEMATIKA SAR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain