Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RIAS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN
ABSTRAK
Widyawati, Mia. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran RIAS untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa pada Materi Sistem Pencernaan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Literasi Numerasi, RIAS, Efektivitas
Latar belakang dari penelitian ini adalah karena rendahnya tingkat literasi numerasi pada siswa SMP N 7 Magelang. Model pembelajaran yang digunakan juga masih berpusat pada guru atau ceramah. Untuk melatihkan literasi numerasi siswa harus diterapkan model pembelajaran yang sesuai dengan indikator penilaian nya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas dari penerapan model pembelajaran RIAS dalam meningkatkan literasi numerasi pada materi sistem pencernaan. RIAS merupakan model pembelajaran yang memiliki 4 tahapan belajar dengan landasan prinsip konektivisme dan kolaboratif yang telah di sesuaikan dengan indikator peningkatan literasi numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Non Equivalent Kontrol Group Design dengan 2 kelas yang terdiri dari 1 kelas ekperimen dan 1 kelas kontrol.Kesimpulan yang di dapatkan dari penelitian ini adalah penerapan dari model pembelajaran RIAS efektif ketika digunakan untuk meningkatkan literasi numerasi siswa dengan nilai effect size sebesar 2,416.
35-UN57.U1-SI-XII-2022 | IPA WID E 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain