Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RMS (READING, MIND MAPPING, AND SHARING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA TEMA CAHAYA DAN PENGLIHATAN
ABSTRAK
Fatimah, Nur Afriani. 2022. ―Efektivitas Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Tema Cahaya dan Penglihatan‖. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: Reading, Mind Mapping, Sharing , berpikir kreatif
Berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang harus dikuasai oleh setiap siswa, sehingga perlu adanya pelatihan dan pengembangan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Akan tetapi, hasil temuan awal pada kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan yang dilaksanakan di SMPN 7 Magelang yakni bahwa pembelajaran di kelas masih kurang memperhatikan kemampuan berpikir kreatif dan kegiatan masih belum mengoptimalkan dalam menstimulasi berpikir kreatif siswa. Hal tersebut diindikasikan dengan adanya hasil angket kemampuan berpikir kreatif dari 59 siswa yang menunjukkan hasil cukup kreatif yakni originality 66,1%, elaboration 61,4%, metaphorical thinking 61,7%, flexibility 51,75, dan fluency 64,3%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas model pembelajaran RMS terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema cahaya dan penglihatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi experimental design yang menggunakan Non Equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 7 Magelang dengan populasi sebanyak 185 siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 59 siswa yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tes tertulis, penilaian mind mapping dan ditunjang dengan hasil observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, uji independent sample T-test, dan uji effect size. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelima indikator berpikir kreatif bervariasi. Indikator berpikir kreatif yang mengalami peningkatan tertinggi pada kelas kontrol yakni fluency dan pada kelas eksperimen yakni flexibility. Indikator yang mengalami peningkatan terendah. pada kelas kontrol yakni metaphorical thinking dan pada kelas eksperimen yakni elaboration. Hasil penilaian mind mapping menunjukkan adanya peningkatan nilai pada pertemuan 1 dan pertemuan 2. Hasil uji independent sample T-test untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol pada nilai pretest yaitu 0,689 > 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan berpikir kreatif sebelum pemberian perlakuan, sedangkan pada nilai posttest hasilnya 0,001 < 0,05 yang artinya adanya perbedaan yang signifikan setelah pemberian perlakuan. Hasil uji effect size sebesar 0,8, artinya model RMS memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema cahaya dan penglihatan.
34-UN57.U1-SI-XII-2022 | IPA FAT E 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain