Text
SKRIPSI ANALISIS MISKONSEPSI BUKU AJAR BIOLOGI SMA KELAS XII MATERI GENETIKA DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Metasari, Tiara Armadani. 2022. “Analisis Miskonsepsi Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII Materi Genetika di Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Sekar Jati Pamungkas, M.Pd.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Buku Ajar Biologi, Materi Genetika
Pentingnya kualitas buku ajar biologi yang digunakan guru dan siswa, karena mengandung konsep-konsep yang harus disampaikan sesuai dengan pendapat pakar biologi termasuk pada materi genetika agar tidak terjadi miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengelompokkan, dan meninjau seberapa banyak (%) kategori miskonsepsi dan miskonsepsi setiap sub materi pada materi genetika dari buku ajar biologi SMA kelas XII yang digunakan di Kota Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar analisis dokumen dengan check-list. Sampel yang digunakan adalah empat buku ajar biologi SMA kelas XII yang di peroleh berdasarkan hasil survei pada sekolah negeri dan swata di Kota Magelang. Hasil analisis dihitung koefisien kesepakatan antara pengamat I dan pengamat II. Hasil penelitian menunjukkan persentase masing-masing kategori miskonsepsi dan persentase miskonsepsi setiap sub materi genetika pada konsep teks, konsep gambar dan total konsep buku ajar Biologi SMA kelas XII adalah Misidentification 2,5%, 2,2%, 3,7%, dan 3,3%, Oversimplifications 1,2%, 1,2%, 3,7%, dan 0,9%, dan Obsolete concepts and terms 0,4% dan 0,9%, total miskonsepsi setiap sub materi genetika adalah Arti dan ruang lingkup genetika 10%, 9,09%, dan 8,33%, Substansi Materi Genetik 40%, 36,3%, 25%, dan 17,6%, Pola hereditas manusia 10%, 9,09%, 16,6%, dan 35,2%, Reproduksi materi genetik 30%, 27,2%, 33,3%, dan 23,5%, Hereditas pada manusia 10%, 18,8%, 16,6%, dan 17,6%, Mutasi 5,88%. Total miskonsepsi materi genetika pada buku ajar biologi SMA kelas XII lebih rendah daripada total kebenaran, dengan nilai persentase miskonsepsi berturut-turut yaitu 4,1%, 3,4%, 7,4%, dan 5,1%, nilai persentase kebenaran yaitu 95,9%, 96,6%, 92,6%, dan 94,9%. Saran untuk kedepannya, guru dapat lebih teliti dalam mengidentifikasi sumber belajar yang akan digunakan untuk mengajar kepada siswa karena hal tersebut berpengaruh terhadap proses pemahaman siswa terhadap konsep yang bersumber dari buku pelajaran yang digunakan.
40-UN57.U1-SPB-XII-2022 | BIOLOGI ARM A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain