PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

TUGAS AKHIR DESAIN DAN SIMULASI KEKUATAN CHASSIS KENDARAAN PROTOTYPE DIESEL

ARI DWI PURNAMA - Nama Orang;

ABSTRAK
Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan kontes mobil yang diikuti oleh semua perguruan tinggi di Indonesia dan diadakan setiap tahun. Rangka merupakan bagian terpenting dari mobil. Rangka harus kuat dan kokoh agar dapat menahan beban kendaraan karena seluruh beban diletakkan di atas chassis. Desain yang baik sangat dibutuhkan agar dalam proses pekerjaan dapat berjalan dengan mudah selain itu juga mempunyai tampilan bagus dan yang terpenting yaitu dalam efisiensi kendaraan. Penelitian ini berjudul “Desain dan Simulasi Kekuatan Chassis Kendaraan Prototype Diesel”. Penelitian dilakukan menggunakan Software Solidworks dan disimulasikan dengan metode Finite Element Analysis (FEA). Penelitian menghasilkan tiga desain yang berbeda yaitu desain-1 yang memiliki panjang 2.462,50 mm dan lebar 840 mm, desain-2 yang memiliki panjang 2.490 mm dan lebar 790 mm, dan desain-3 yang memiliki panjang 2.420 mm dan lebar 800 mm. Desain-1 memiliki tegangan maksimal sebesar 25,363 MPa, desain-2 sebesar 33,798 MPa, dan desain-3 sebesar 25,745 MPa. Regangan desain-1 sebesar 0,00030, desain-2 sebesar 0.00037, dan desain-3 sebesar 0,00029. Desain-1 memiliki nilai perpindahan maksimal sebesar 2,063 mm, desain-2 sebesar 2,295 mm, dan desain-3 sebesar 1,778 mm. Angka keamanan minimal desain-1 sebesar 2,172, desain-2 sebesar 1,575, dan desain-3 sebesar 2,142. Dari ketiga desain tersebut yang memiliki kekuatan terbaik yaitu desain-1 karena memiliki tegangan dan faktor keamanan yang lebih baik dari dua desain lainnya. Sedangkan untuk kekakuan yaitu desain-3 karena memiliki regangan dan perpindahan lebih baik dari kedua desain lainnya.
Kata kunci: chassis, desain, simulasi, kekuatan


Ketersediaan
48-UN57.U1-D3TM-XII-2022OTOMOTIF PUR D 2022Ruang Skripsi (OTOMOTIF)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
OTOMOTIF PUR D 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XIII;50HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
629
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_D3_TEKNIK_MESIN
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik