Text
TUGAS AKHIR DESAIN DAN SIMULASI KEKUATAN CHASSIS KENDARAAN PROTOTYPE DIESEL
ABSTRAK
Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan kontes mobil yang diikuti oleh semua perguruan tinggi di Indonesia dan diadakan setiap tahun. Rangka merupakan bagian terpenting dari mobil. Rangka harus kuat dan kokoh agar dapat menahan beban kendaraan karena seluruh beban diletakkan di atas chassis. Desain yang baik sangat dibutuhkan agar dalam proses pekerjaan dapat berjalan dengan mudah selain itu juga mempunyai tampilan bagus dan yang terpenting yaitu dalam efisiensi kendaraan. Penelitian ini berjudul “Desain dan Simulasi Kekuatan Chassis Kendaraan Prototype Diesel”. Penelitian dilakukan menggunakan Software Solidworks dan disimulasikan dengan metode Finite Element Analysis (FEA). Penelitian menghasilkan tiga desain yang berbeda yaitu desain-1 yang memiliki panjang 2.462,50 mm dan lebar 840 mm, desain-2 yang memiliki panjang 2.490 mm dan lebar 790 mm, dan desain-3 yang memiliki panjang 2.420 mm dan lebar 800 mm. Desain-1 memiliki tegangan maksimal sebesar 25,363 MPa, desain-2 sebesar 33,798 MPa, dan desain-3 sebesar 25,745 MPa. Regangan desain-1 sebesar 0,00030, desain-2 sebesar 0.00037, dan desain-3 sebesar 0,00029. Desain-1 memiliki nilai perpindahan maksimal sebesar 2,063 mm, desain-2 sebesar 2,295 mm, dan desain-3 sebesar 1,778 mm. Angka keamanan minimal desain-1 sebesar 2,172, desain-2 sebesar 1,575, dan desain-3 sebesar 2,142. Dari ketiga desain tersebut yang memiliki kekuatan terbaik yaitu desain-1 karena memiliki tegangan dan faktor keamanan yang lebih baik dari dua desain lainnya. Sedangkan untuk kekakuan yaitu desain-3 karena memiliki regangan dan perpindahan lebih baik dari kedua desain lainnya.
Kata kunci: chassis, desain, simulasi, kekuatan
48-UN57.U1-D3TM-XII-2022 | OTOMOTIF PUR D 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain