Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN MODUL HASIL IDENTIFIKASI PTERIDOPHYTA DI KAWASAN AIR TERJUN SEKAR LANGIT SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
ABSTRAK
Fajriyati, Umu. 2022. “Pengembangan Modul Hasil Identifikasi Pteridophyta di Kawasan Air Terjun Sekar Langit sebagai Bahan Ajar Biologi Materi Keanekaragaman Hayati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Sekar Jati Pamungkas M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah M.Pd.
Kata kunci: Modul, Pteridophyta, Air Terjun Sekar Langit, Keanekaragaman Hayati
Pteridophyta dapat ditemukan hampir dimanapun. Magelang memiliki beberapa lokasi yang berpotensi sebagai habitat Pteridophyta, salah satunya Air Terjun Sekar Langit. Identifikasi dan pemanfaatan keanekaragaman Pteridophyta di Kawasan Air Terjun Sekar Langit dalam kegiatan pembelajaran belum dilaksanakan. Pemanfaatan lingkungan sekitar dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar dan pemahaman konsep siswa. Bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran biologi juga belum berbasis potensi lokal, sedangkan menurut Permendikbud No. 103 tahun 2014 diharapkan setiap guru biologi dapat menginisiasi pembelajaran biologi yang bersifat kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman jenis Pteridophyta di Kawasan Air Terjun Sekar Langit, mengetahui kelayakan dan keefektifan modul hasil identifikasi Pteridophyta di Kawasan Air Terjun Sekar Langit. Kelayakan modul dilihat berdasarkan aspek materi dan media, serta diperkuat dengan hasil tanggapan guru dan siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model 4D Thiagarajan. Hasil identifikasi Pteridophyta ditemukan 16 jenis yang termasuk dalam 10 famili. Kelayakan modul secara umum mendapat kategori sangat layak (81,17%) dengan diperkuat dengan hasil tanggapan siswa berada pada kategori sangat layak (82,09%) dan hasil tanggapan guru biologi berada pada kategori sangat layak (88,89%). Sedangkan dari data-data nilai N-Gain siswa 0,69 maka dapat disimpulkan bahwa modul hasil identifikasi Pteridophyta di Kawasan Air Terjun Sekar Langit efektif digunakan sebagai bahan ajar Biologi pada materi Keanekaragaman Hayati.
41-UN57.U1-SPB-XII-2022 | BIOLOGI FAJ I 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain