Text
TUGAS AKHIR PERANCANGAN DAN PEMBUATAN INSTALASI SISTEM PENGEREMAN KENDARAAN PROTOTYPE DIESEL
ABSTRAK
Sistem rem alat yang digunakan untuk memperlambat dan atau menghentikan laju kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk perancangan, pembuatan, dan perakitan sistem pengereman yang tepat pada kendaraan prototype yang sesuai dengan regulasi Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) dengan pengujian statis dan dinamis. Metode penelitian dilakukan dengan membuat konsep, membuat alat, melakukan pengujian dan pengujian. Hasil dari pengujian ststis pada kemiragn 17° sistem rem depan berfungsi kurang efektif sedangkan rem belakang berfungsi efektif. Untuk pengujian dinamis dijalan datar dengan variabel kecepatan 10 km/jam, 15 km/jam dan 20 km/jam di lakukan tiga kali setiap variabelnya untuk kecepatan 10 km/jam membutuhkan waktu pengereman 0,20 detik dengan jarak pengreman 0,29 meter, untuk kecepatan 15 km/jam membutuhkan waktu pengereman 0,24 detik dengan jarak pengreman 0,51 meter, untuk kecepatan 20 km/jam membutuhkan waktu pengereman 0,26 detik dengan jarak pengreman 0,75 meter. kesimpulan pada penilitan ini sistem rem pada roda depan dan roda belakang sudah terpisah, menggunakan jenis rem cakram hidrolik, pengujian statis rem depan kurang efektif karena menggerakan dua buah kaliper, rem belakang sudah sangat efektif, pengujian dinamis bahwa kecepatan kendaraan tersebut semakin tinggi maka membutuhkan waktu pengereman yang semakin lama.
Kata kunci: kendaraan, prototype, diesel.
60-UN57.U1-D3TM-XII-2022 | OTOMOTIF RAH P 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain