Text
TUGAS AKHIR UJI EKSPERIMENTAL PENGGUNAAN IDLING STOP-START SYSTEM (ISS) TERHADAP EFISIENSI BAHAN BAKAR PADA KENDARAAN 150 CC
ABSTRAK
Perkembangan dunia otomotif saat ini berdampak dengan meningkatnya teknologi canggih, khususnya pada kendaraaan roda dua maupun roda empat. Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan jumlah kendaraan di Indonesia pada tahun 2019 sekitar 136.137.451. Perkembangan pada dunia otomotif saat ini berdampak dengan meningkatnya teknologi canggih, khususnya pada kendaraaan roda dua maupun roda empat. Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah kendaraan di Indonesia pada tahun 2020 sekitar 136.137.451. Penggunaan bahan bakar minyak dalam sektor transportasi menimbulkan dampak yang kurang baik antara lain peningkatan bahan bakar minyak dan kerusakan lingkungan, kerusakan lingkungan ini terjadi di beberapa negara termasuk di Indonesia tepatnya di Kota Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penghematan efisiensi bahan bakar pada kendaraan Honda Vario 150 cc dengan menggunakan teknologi yang dapat mematikan mesin secara sementara dalam waktu 3 detik ketika melintas pada jalanan yang macet atau APILL fitur ini adalah sensor Idling Stop-Start System (ISS). Penelitian ini menggunakan metode uji eksperimental dengan pengujian jalan perkotaan dan jalan yang dikondisikan sebagai tiga kali pengujian dalam sehari dengan kendaraan yang berbeda. Berdasarkan hasil pengujian secara langsung disimpulkan bahwa fitur ISS menghasilkan fuel consumtion rata-rata sebesar 0.65 Km/Liter, sedangkan kendaraan 150 CC yang tidak menggunakan fitur ISS menghasilkan fuel consumtion rata-rata sebesar 0.18 Km/Liter.
Kata Kunci: Idling stop-start system (ISS), fuel comsumtion, kendaraan 150 cc.
70-UN57.U1-D3TM-XII-2022 | OTOMOTIF RAH U 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain