Text
TUGAS AKHIR UJI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA KENDARAAN BERTEKNOLOGI IDLING STOP-START SYSTEM (ISS)
ABSTRAK
Seiring dengan pertumbuhan penduduk di Indonesia juga sejalan dengan pertambahan kendaraan roda dua maupun roda empat yang juga semakin meningkat maka dari itu kebutuhan bahan bakar juga semakin meningkat. Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai lebih dari 133 juta unit pada tahun 2019. Data itu terangkum dalam catatan Badan Pusat Statistik. Jumlah kendaraan naik sekitar lima persen sejak dua tahun lalu. Penggunaan bahan bakar minyak dalam sektor transportasi menimbulkan dampak yang kurang baik antara lain peningkatan bahan bakar minyak dan kerusakan lingkungan, kerusakan lingkungan ini terjadi di beberapa negara termasuk di Indonesia tepatnya di Kota Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi variasi bahan bakar pada kendaraan Honda scoppy 110 cc dengan menggunakan teknologi yang dapat mematikan mesin secara sementara dalam waktu 3 detik ketika melintas pada jalanan yang macet atau APILL fitur ini adalah sensor Idling Stop-Start System (ISS). Penelitian ini menggunakan metode uji eksperimental dengan pengujian jalan perkotaan dan jalan yang dikondisikan sebagai tiga kali pengujian dalam sehari yaitu pada pagi, siang dan sore hari. Berdasarkan hasil pengujian secara langsung disimpulkan bahwa bahan bakar Ron 90 menghasilkan fuel consumtion rata-rata sebesar 57.3 Km/Liter, sedangkan bahan bakar Ron 92 menghasilkan fuel consumtion rata-rata sebesar 53.6 Km/Liter.
Kata Kunci : Uji eksperimental, Variasi bahan bakar dan Idling Stop-Start Sistem
67-UN57.U1-D3TM-XII-2022 | OTOMOTIF FEB U 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain