PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS PENGARUH BENTUK VELOCITY STACK TERHADAP LAJU ALIRAN UDARA KE DALAM RUANG BAKAR

LUKMAN HAKIM - Nama Orang;

ABSTRAK
Di era teknologi saat ini mesin otomotif dituntut untuk membentuk performa tinggi menggunakan taraf konsumsi bahan bakar rendah. Laju aliran udara yang masuk ke dalam ruang bakar dipengaruhi oleh turbolensi yang terjadi di throttle body. Throtle body memiliki peranan mengatur udara yang masuk dalam intake manifold dan di teruskan ke ruang bakar. Velocity stack yaitu komponen berbentuk terompet. Hal ini dibuat untuk mengarahkan udara agar lebih mudah masuk ke ruang bakar, dengan cara mengurangi turbolensi dalam ujung inlet throttle body. Penelitian ini akan mensimulasikan pengaruh bentuk velocity stack dan sudut velocity stack pada motor bensin 4 langkah terhadap nilai turbolensi. Pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan software ANSYS 18.1. Design yang digunakan velocity stack dengan outlet berdiameter 36 mm, variasi inlet 10 mm dan 15 mm, menggunakan sudut 32o, 30o, dan 27o, kecepatan udara inlet velocity stack sebesar 2 m/s. Nilai average turbulence kinetic energy terbesar yaitu 0.10986 m2/s2 dan maximum turbulence kinetic energi sebesar 0.481116 m2/s2 dari semulasi sudut velocity stack 32o dan panjang inlet velocity stack 10 mm. nilai average pressure tertinggi nya sebesar 13.6512 Pa dengan maximum pressure 36.0358 Pa dengan variasi 32o dan panjang 10 mm. Average eddy viscosity terendah yang didapatkan yaitu 0.000110867 PaS dengan simulasi sudut 30o dan panjang 15 mm, sedangkan nilai dari average eddy viscosity tertinggi 0.000115334 PaS dari simulasi sudut 27o panjang 10 mm. simulasi sudut inlet velocity stack dengan sudut 32o dengan panjang inlet velocity stack 15 mm mendapat nilai kecepatan tertinggi yaitu 7.33789 m/s.
Kata kunci : motor bakar bensin, velocity stack, laju aliran udara, turbolensi, ansys fluent.


Ketersediaan
103-UN57.U1-STM-XII-2022MESIN HAK S 2022Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MESIN HAK S 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XVII;55HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_MESIN
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik