Text
SKRIPSI EFISIENSI KONSUMSI BAHAN BAKAR MELALUI PENGAPLIKASIAN ELECTRONIC FUEL INJECTION PADA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH KONVENSIONAL
ABSTRAK
Sistem pengkabutan bahan bakar konvensional atau karburator bekerja secara mekanis sehingga memiliki kelemahan komposisi campuran bahan bakar dan udara (AFR) yang kurang akurat. Pada penelitian ini tentang pengaplikasian Electronic Fuel Injection (EFI) pada mesin Honda GL160D konvensional dengan metode pengujian dynotest dengan variasi pengujian 1500, 5500 dan 8500 rpm. Hasil pengujian menunjukkan torsi meningkat pada setiap variasi pengujian berturut-turut adalah 2,7%, 32,8% dan 20%. Peningkatan daya berturut-turut adalah 6,6%, 33,3% dan 20,4%. Prosentase penurunan konsumsi bahan bakar spesifik (SFC) berturut-turut adalah 28,3%, 49,4% dan 43,1%. Air Fuel Ratio (AFR) setelah modifikasi EFI menunjukan campuran yang ideal antara udara dan bahan bakar yang menjadikan proses pembakaran berjalan sempurna sehingga emisi gas buang yang mengandung CO menurun sebesar 4,37% dan HC sebesar 30,9%
Kata kunci: Pengaplikasian Electronic Fuel Injection (EFI), Air Fuel Ratio (AFR), Torsi, Daya, Konsumsi bahan bakar spesifik (SFC)
102-UN57.U1-STM-XII-2022 | MESIN ABD E 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain