Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP KELAS VII PADA MATERI PENYAJIAN DATA
ABSTRAK
Marfuah, Lutfi. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VII pada Materi Penyajian Data”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Media Interaktif, Kemampuan Berpikir Kritis, Penyajian Data
Perkembangan teknologi semakin mengalami kemajuan dari masa kemasa. Sejalan dengan itu, perkembangan dunia pendidikan sewajarnya turut mengalami perkembangan sesuai zaman. Namun fakta di lokasi tempat dilakukan penelitian kegiatan pembelajaran matematika dilakukan dengan menggunakan metode ceramah bermedia buku dan papan tulis yang sering dianggap siswa sebagai metode pembelajaran yang membosankan. Metode pembelajaran ini mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah berdasarkan tes awal kemampuan berpikir kritis. Hasil tes menunjukkan sebanyak 71,88% siswa memperoleh nilai kurang dari 75 yang diketahui dari tes awal kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, ditetapkan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash 8 yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi penyajian data. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media valid berdasarkan penilaian dari validator media sebesar 97,67 dengan nilai maksimal 110 kategori sangat valid, dan penilaian dari validator materi sebesar 57 dengan nilai maksimal 60 kategori sangat valid. Pengembangan media juga memenuhi kriteria praktis untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah berdasarkan hasil angket kepraktisan siswa sebesar 85,06% kategori praktis, dan angket kepraktisan guru sebesar 96% kategori praktis. Selain itu, pengembangan media juga dinyatakan efektif dengan nilai keefektifan sebesar 90,63% dari 32 siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Sawangan dinyatakan lulus Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada tes akhir kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah disebutkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Namun, diperlukan pendampingan saat pertama kali dilakukan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif untuk mengantisipasi siswa yang masih kesulitan dalam pengoperasian komputer.
20-UN57.U1-SPM-XII-2022 | MATEMATIKA MAR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain