Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN TEMA “JANTUNGKU MESIN TERKUAT” BERBASIS PEMBELAJARAN RIAS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH
ABSTRAK
Delina, Cici. 2022. “Pengembangan Modul IPA dengan Tema “Jantungku Mesin Terkuat” Berbasis Pembelajaran RIAS untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran IPA, RIAS, Pemecahan Masalah
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Magelang yang belum difasilitasi oleh pengembangan bahan ajar pada pembelajaran IPA. Berdasarkan peorlehan hasil observasi di SMP N 1 Pakis data mengenai rendahnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik disebabkan oleh pembelajaran yang masih berorientasi pada pendidik dan sumber belajar yang terbatas sehingga diperlukan adanya suatu bahan ajar berupa modul yang dapat membuat peserta didik aktif saat pembelajaran. Berlandaskan hal tersebut, peneliti mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis pembelajaran RIAS dengan tema “jantungku mesin terkuat” untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, efektivitas, respon guru dan peserta didik, serta keterlaksanaan terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Pengembangan bahan ajar berupa modul pembelajaran IPA berbasis RIAS dengan tema “jantungku mesin terkuat” bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Subjek penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas VIII C dengan teknik pengambilan data purposive sampling. Uji coba pengembangan dilakukan secara terbatas dengan menggunakan desain one group pretest-posttest. Hasil uji kevalidan oleh validator menunjukan kriteria “sangat valid” dengan skor rata-rata ahli materi 4,1 dan ahli bahan ajar 4,2 dari skor maksimal 5.0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul IPA berbasis RIAS yang dikembangkan valid untuk digunakan. Keefektifan modul pembelajaran setelah menganalisis data yang diperoleh berdasarkan skor tes N-Gain memperoleh skor 0,44 dengan kategori “sedang” sehingga pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS dinyatakan baik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik di SMP Negeri 1 Pakis. Kepraktisan modul pembelajaran IPA berbasis RIAS berlandaskan pada hasil jawaban angket respon peserta didik dan guru. Hasil respon peserta didik memperoleh skor sebesar 84% dengan kategori “sangat praktis” dan hasil respon guru memperoleh skor sebesar 80% dengan kategori “praktis”, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa modul IPA berbasis RIAS yang dikembangkan sangat praktis untuk digunakan. Kepraktisan tersebut didukung oleh hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan perolehan skor 98% dan hasil observasi aktivitas peserta didik memperoleh skor 94% sehingga keterlaksanaan dan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan modul pembelajaran IPA berbabsis RIAS terlaksana dengan baik. Kesimpulan penelitian yang dilakukan adalah bahwa modul pembelajaran IPA berbasis RIAS yang dikembangkan layak untuk digunakan karena telah memenuhi aspek kevalidan, keefektivan, dan kepraktisan pengembangan media dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik di SMP Negeri 1 Pakis. Peneliti menyarankan kepada peneliti lain agar mengembangkan bahan ajar khususnya modul pembelajaran IPA berbasis RIAS yang lebih komunikatif dan menggunakan bahasa yang akrab didengar peserta didik dengan memuat materi lainnya yang belum ada serta menyesuaikan fenomena yang terjadi pada kehidupan sehari-hari. Lalu, kepada sekolah agar memberikan pelatihan pengembangan bahan ajar dan kepada guru agar melakukan pengembangan terhadap kemampuan identifikasi dan memeriksa kebenaran solusi peserta didik yang diterapkan pada kegiatan belajar. Penerapannya seperti bahan ajar berupa modul IPA berbasis RIAS yang dihubungkan dengan fenomena pada kehidupan sehari-hari karena pembelajarannya yang diintegrasikan dengan lingkungan sekitar sangat berguna dan menambah pengetahuan peserta didik.
36-UN57.U1-SI-XII-2022 | IPA DEL P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain