Text
TUGAS AKHIR REKAYASA SPROCKET, RANTAI, DAN POROS SISTEM PEMINDAH TENAGA PADA KENDARAAN PROTOTYPE DIESEL
ABSTRAK
Sistem pemindah tenaga atau sitem pemindah daya (powertrain) pada mobil, adalah mekanisme yang menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Powertrain pada kendaraan sangat penting dalam menunjang performa kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membuat rekayasa sprocket, rantai, dan poros sistem pemindah tenaga pada kendaraan prototype diesel. Perancangan sistem pemindah tenaga dilakukan dengan mengunakan mesin Yanmar L48N, kemudian kopling yang digunakan yaitu kopling sentrifugal otomatis. Dari hasil perancangan dihasilkan diameter poros yaitu 14 mm namun agar dapat menahan beban yang lebig besar dipilih poros berdiamter 25 mm. Sprocket hasil perancanagan adalah 13 dan 72 namun yang dipakai sesuai yang ada di pasaran yaitu 12 dan 43 sedangkan jenis rantai yang digunakan adalah jenis 420 dan 428. Uji jalan yang dilakukan sebanyak 2 kali yaitu menghasilkan kecepatan maksimal 46 km/jam dan 49 km/jam. Hasil pengujian lebih kecil dari perancangan yaitu memiliki kecepatan 76 km/jam. Hal tersebut dikarenakan saat perancangan diabaikab pembebanan.
Kata kunci: powertrain, sprocket, kecepatan, merancang
91-UN57.U1-D3TM-XII-2022 | OTOMOTIF BIL R 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain