PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

TUGAS AKHIR PEMBUATAN RANGKA KENDARAAN PROTOTYPE DIESEL MENGGUNAKAN ALUMINIUM ALLOY 6061

AGUS AFENDI - Nama Orang;

ABSTRAK
Hampir seluruh perusahaan yang bergerak di bidang otomotif berlomba untuk menghasilkan produk yang mampu menghemat pemakaian bahan bakar melalui pengembangan teknologinya. Hal ini salah satunya dapat diwujudkan dalam sebuah kreativitas dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE). KMHE merupakan sebuah lomba mobil hemat energi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia yang bekerja sama dengan tuan rumah perguruan tinggi. Dalam pembuatan mobil hemat energi terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu kategori prototype dan urbant concept. Dalam suatu kendaraan, rangka berfungsi sebagai tumpuan semua beban kendaraan yang ada mulai dari mesin, komponen pendukung, hingga beban pengendara, semuanya diletakkan di atas rangka. Penelitian kali ini membuat rangka kendaraan prototype diesel. Rangka yang dibuat menggunakan jenis rangka ladder frame. Metode penelitian yang digunakan mulai dari pembuatan desain, pemotongan bahan, pengelasan, perakitan (assembly), dan pengujian. Dalam pembuatan rangka kendaraan prototype diesel menggunakan bahan aluminium alloy 6061 tipe hollow berukuran lebar 20 mm, tinggi 40 mm, dan ketebalan 2 mm. Dari hasil pengujian, terdapat beberapa titik pada rangka yang melengkung akibat menerima beban driver 55 kg dan 60 kg. Pada saat uji jalan di kecepatan 49 km/jam kendaraan masih aman dan mampu di kendalikan dengan baik. Namun pada kecepatan diatas 60 km/jam, kendaraan mulai kehilangan kestabilan dikarenakan getaran serta permukaan jalan yang kurang rata sehingga kendaraan kurang stabil dalam menerima beban.
Kata kunci : KMHE, rangka kendaraan, aluminium alloy 6061.


Ketersediaan
87-UN57.U1-D3TM-XII-2022OTOMOTIF AFE P 2022Ruang Skripsi (OTOMOTIF)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
OTOMOTIF AFE P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XV;55HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
629
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_D3_TEKNIK_MESIN
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik