Text
TUGAS AKHIR TROUBLESHOOTING UNTUK PERAWATAN BERKALA DAN PENGARUH JENIS PELUMAS TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR PADA ENGINE STAND MITSUBISHI L300 DIESEL
ABSTRAK
Sistem pelumasan yang baik dan penggunaan jenis pelumas berpengaruh pada kinerja mesin dan konsumsi bahan bakar. Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengetahui gejala yang terjadi dan cara mengatasi gejala pada sistem pelumasan serta pengaruh jenis pelumas SAE 10W-40 dan SAE 15W-40 terhadap konsumsi bahan bakar engine stand Mitsubishi L300 diesel. Metode penelitian laporan akhir ini yaitu menggunakan metode eksperimental. Berdasarkan hasil pemeriksaan pada sistem pelumasan seperti slang oli, baut penguras, panci oli, dan oil strainer dalam keadaan baik, serta perlu melakukan penggantian filter oli dengan yang baru. Kemudian pengujian konsumsi bahan bakar solar menunjukkan hasil pada penggunaan oli SAE 10W-40 yaitu dengan putaran mesin 1000 rpm 0.36 ml/detik, 2000 rpm 0.65 ml/detik, 3000 rpm 0.82 ml/detik, dan 4000 rpm 1.54 ml/detik. Sedangkan penggunaan oli SAE 15W-40 yaitu dengan putaran mesin 1000 rpm 0.44 ml/detik, 2000 rpm 0.70 ml/detik, 3000 rpm 0.83 ml/detik, dan 4000 rpm 1.94 ml/detik. Dengan demikian penggunaan oli SAE 10W-40 memiliki konsumsi bahan bakar lebih rendah dibanding menggunakan oli SAE 15W-40.
Kata kunci: troubleshooting, perawatan, sistem pelumasan, konsumsi bahan bakar
83-UN57.U1-D3TM-XII-2022 | OTOMOTIF AKM T 2022 | Ruang Skripsi (OTOMOTIF) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain