Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN VERBAL FOOTBALL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Yasfi, A. 2022. “Efektivitas Strategi Pembelajaran Verbal Football Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa’’. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Strategi Pembelajaran, Strategi Verbal Football
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis disebabkan karena guru masih cenderung aktif dibanding siswa. Strategi pembelajaran yang diterapkan hanya sebatas strategi pembelajaran konvensional sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis efektivitas strategi pembelajaran verbal football terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran verbal football pada siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Magelang dan (2) menganalisis peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas yang diterapkan strategi pembelajaran verbal football dan kelas yang diterapkan strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Magelang. Siswa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 dipilih dengan teknik cluster random sampling dan dijadikan sampel penelitian. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental dan control group pre-test post-test design. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu Uji Independent sample t-test untuk hipotesis pertama dan Uji N-gain untuk hipotesis kedua. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan lembar validari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan (1) strategi pembelajaran verbal football efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan (2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas yang diterapkan strategi pembelajaran verbal football lebih tinggi dari kelas yang diterapkan strategi pembelajaran langsung pada siswa kelas XI MIPA SMA N 2 Magelang, sehingga dapat diartikan bahwa strategi pembelajaran verbal football dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, aktif, dan menyenangkan yang juga meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.
22-UN57.U1-SPM-XII-2022 | MATEMATIKA YAS E 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain