Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERPENDEKATAN STEM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK DAN KREATIVITAS SISWA
ABSTRAK
Maris, A. F. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan STEM terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Gerak dan Kreativitas Siswa”.ْ Skripsi.ْ Programْ Studiْ Pendidikanْ Biologi,ْ Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata Kunci: PjBL, STEM, Pemahaman Konsep, Kreativitas
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa pada materi sistem gerak dan kreativitas siswa masih belum terbentuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL berpendekatan STEM terhadap pemahaman konsep materi sistem gerak dan kreativitas siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan tipe post-test only control design. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 SMA N 1 Sumpiuh sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep, lembar observasi keterlaksanaan sintaks, dan lembar angket kreativitas. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil nilai post-test, hasil pengisian lembar observasi keterlaksanaan sintaks, dan pengisian angket kreativitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji paired sample t-test. Berdasarkan analisa data, diperoleh rata-rata hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 83,44 dan 79,14. Hasil analisa data angket kreativitas siswa diperoleh rata-rata sebesar 64,9% dalam kategori cukup kreatif. Berdasarkan lembar keterlaksanaan sintaks, semua tahapan yang dilakukan terlaksana dengan persentase rata-rata sebesar 95,8% dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uji paired t-test didapatkan hasil post-test sebesar 0,002. Artinya hipotesis penelitian diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PjBL berpendekatan STEM terhadap pemahaman konsep materi sistem gerak dan kreativitas siswa.
44-UN57.U1-SPB-XII-2022 | BIOLOGI MAR P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain