PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X

IKA FEBRIANA PALUPI - Nama Orang;

ABSTRAK
Palupi, Ika Febriana. 2022. “Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Berpikir kritis, Brainstorming
Pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa SMA N 10 Purworejo pada materi perubahan lingkungan masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan (2) menganalisis pengaruh penggunaan metode pembelajaran brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-ekperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 dan MIPA 4, kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil rata-rata pre-test dan posttest yang diperkuat dengan hasil uji ancova dengan nilai signifikansi 0,001 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa antara kelas X MIPA 3 dan kelas X MIPA 4. Selain itu, hasil rata-rata pre-test dan posttest yang diperkuat dengan hasil uji ancova dengan nilai signifikansi 0,001 juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis siswa antara kelas X MIPA 3 dan kelas X MIPA 4. Dari Hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran brainstorming berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi perubahan lingkungan dan keterampilan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
43-UN57.U1-SPB-XII-2022BIOLOGI PAL P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI PAL P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XIII;55HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik