Text
SKRIPSI KARAKTERISTIK MOTOR BENSIN 4 LANGKAH MODIFIKASI 160 CC DENGAN PENGGUNAAN CAMSHAFT RACING
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan pengujian performa mesin motor bensin 4 tak yang sudah dimodifikasi menggunakan camshaft standar dan camshaft racing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan mesin dengan performa yang maksimal. Metode yang digunakan adalah terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik dari penggunaan camshaft standar dan camshaft racing menggunakan dynotest. Hasil pengujian menunjukkan daya maksimal dihasilkan dengan penggunaan camshaft racing sebesar 20,5 hp, lebih besar dari penggunaan camshaft stadar dengan hasil 16,5 hp. Torsi maksimal dihasilkan dengan penggunaan camshaft racing sebesar 12,99 Nm, lebih besar dari penggunaan camshaft standar sebesar 11,96 Nm. Konsumsi bahan bakar spesifik minimal terbaik adalah penggunaan camshaft standar sebesar 0,083 kg/jam.hp, lebih baik daripada penggunaan camshaft racing sebesar 0,094 kg/jam.hp. Berdasar hasil tersebut maka penggunaan camshaft racing dapat menghasilkan performa mesin yang baik dengan konsumsi bahan bakar spesifik yang tidak berbeda jauh dari penggunaan camshaft standar.
Kata kunci: camshaft, dynotest, daya, torsi, konsumsi bahan bakar spesifik.
110-UN57.U1-STM-XII-2022 | MESIN PRI K 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain