Text
SKRIPSI ANALISIS FRAMING PESEPAKBOLA PEREMPUAN DI MEDIA INDOSPORT
ABSTRAK
(MUHAMMAD AL-HABSY KUSUMANDHARI, 2022): ANALISIS FRAMING PESEPAKBOLA PEREMPUAN DI MEDIA INDOSPORT
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Perempuan seringkali dikonstruksikan sebagai pelengkap, perempuan digunakan tubuh dan wajahnya sebagai daya tarik bagi media untuk menarik pembaca. Framing adalah suatu penggambaran untuk mengetahui bagaimana realitas (peristiwa, aktor, kelompok, atau apa saja) dibingkai oleh media. Fisik perempuan memiliki daya tarik tersendiri, hal tersebut tak lain karena tubuh perempuan dinilai memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga sosoknya diframing untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya. Framing yang dilakukan media terhadap perempuan membuat perempuan kurang dihargai. Penelitian ini berfokus pada bagaimana Framing yang di lakukan oleh indosport.com terhadap pesepakbola perempuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui atau memahami framing yang dilakukan oleh indosport.com terhadap pesepakbola perempuan. Penelitian ini menggunakan metode analasis framing Pan dan Kosciki dengan hasil bahwa framing terhadap pesepakbola perempuan memang adanya di media indosport, penggunaan kata untuk framing yang sering terjadi adalah “lesbi, seksi, cantik”. Framing dalam penelitian ini terjadi melalui beberapa struktur dalam berita seperti pemilihan kata dalam judul dan isi berita, foto yang ditampilkan dan penonjolan topik yang dipilih oleh Indosport. Tidak hanya framing, tetapi dalam beberapa berita yang dimunculkan terjadi hiperrealitas, dimana berita yang menjadi realitas utama hilang dan digantikan dengan realitas buatan.
Kata kunci: Framing, Sepakbola Perempuan, Media Massa
20-UN57.U1-SIK-XII-2022 | KOMUNIKASI KUS A 2022 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain