Text
SKRIPSI EXTENDED WRITING PROJECT (EWP) ASSESSMENT TECHNIQUE AS LEARNING IN ACADEMIC WRITING (A Case of ELT Research Course of Permata Merdeka Program)
ABSTRAK
Zulaikha, Khusniyatu. 2022. “Extended Writing Project (EWP) Assessment Technique as Learning in Academic Writing (A Case of ELT Research Course of Permata Merdeka Program)”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Arum Nisma Wulanjani, M.Pd., Pembimbing II Sukma Shinta Yunianti, M.Pd.
Keywords: Extended Writing Project (EWP), Academic Writing, Metacognitive Awareness, Perceptions
Keterampilan menulis akademik adalah kemampuan menyampaikan informasi yang diteliti dalam bentuk tertulis. Mahasiswa diharuskan mampu menghadapi segala kesulitan dalam menulis akademik, termasuk dalam penulisan akademik penelitian mereka. Penggunaan mekanisme evaluasi yang menarik akan meningkatkan motivasi dan akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk mengurangi kesulitan mereka dalam menulis akademik. “Mekanisme evaluasi Extended Writing Project (EWP) sebagai Pembelajaran” merupakan salah satu mekanisme evaluasi yang digunakan oleh dosen dalam mata kuliah ELT Research Course. Oleh karena itu, mahasiswa memiliki pandangan berdasarkan pengalaman mereka tentang mekanisme evaluasi EWP sebagai pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang “Mekanisme Evaluasi EWP sebagai pembelajaran” dalam menulis akademik dan untuk mengeksplorasi pengaruh kesadaran metakognitif mahasiswa setelah menggunakan mekanisme evaluasi ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Subyek penelitian ini melibatkan 24 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Studi Pengajaran Belajar Bahasa Inggris pada program Permata Merdeka tahun 2020 di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jendral Sudirman. Penulis menggunakan e-kuesioner, wawancara tertulis dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memberikan persepsi positif setelah menggunakan mekanisme evaluasi EWP karena memudahkan siswa dalam menyelesaikan tugas menulis akademik. Selain itu, strategi dosen dalam memberikan materi, instruksi proyek, dan umpan balik dapat memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam penulisan akademik. Respon positif juga diberikan dari mahasiswa bahwa mekanisme evaluasi EWP mempengaruhi kesadaran metakognitif siswa dalam menulis akademik. Kesadaran metakognitif ini meliputi pengetahuan tentang pengetahuan kognisi dan regulasi kognisi. Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa merasa mekanisme evaluasi EWP dalam penulisan akademik sangat efektif dan berdampak pada kesadaran metakognitif mereka dalam menulis. Mekanisme evaluasi EWP dapat menjadi rekomendasi untuk diterapkan pada mata kuliah menulis lainnya.
70-UN57.U1-SING-XII-2022 | INGGRIS ZUL E 2022 | Ruang Skripsi (BAHASA INGGRIS) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain