PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII

GUS SIFA - Nama Orang;

ABSTRAK
Sifa, Gus. 2022. “Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd. Pembimbing II Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci: Modul, Problem Based Learning, Penguasaan Konsep
Penguasaan konsep yakni kemampuan awal bagi siswa guna memahami suatu pengetahuan dengan baik dan benar. Penelitian ini berawal dari beberapa permasalahan yang didapatkan di SMP N 11 Magelang, adapun permasalahan yang didapatkan yaitu (1) guru sudah melatihkan penguasaan konsep tetapi penguasaan konsep siswa masih rendah, dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa masih rendah (2) pembelajaran masih bersifat konvensional atau berpusat pada guru (3) belum ada modul IPA yang memfasilitasi siwsa dalam penguasaan konsep. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan judul pengembanagn modul berbasis PBL untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP kelas VIII. Tujuan penelitian ini antara lain (1) menganalisis kelayakan modul berbasis Problem based learning untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP kelas VIII (2) menganalisis respon siswa terhadap kepraktisan penggunaan modul yang diimplementasikan di SMP N 11 Magelang (3) menganalisis efektivitas pengembangan modul berbasis Problem based learning terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau biasa disebut dengan R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini diantaranya yaitu dua dosen Pendidikan IPA Universitas Tidar dan tiga guru IPA. Satu kelas IX sebagai uji validitas dan reliabilitas instrumen soal, dua kelas VIII sebagai kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII C). Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data didapat melalui lembar validasi ahli, angket respon siswa dan tes penguasaan konsep. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) modul berbasis PBL dinyatakan layak dengan perolehan 4,08 atau 80,5 % dalam kategori sangat valid (2) keprakrisan modul mendapatkan nilat rata-rata 3,89 atau 79,8 % termasuk dalam kriteria praktis (3) modul berbasis PBL diyatakan efektif dimana memperoleh N-Gain 0,56 termasuk kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu modul berbasis PBL dinyatakan layak digunakan, praktis dan efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Peneliti menyarankan kepada guru dan peneliti lain untuk mengembangkan produk ini dengan jangkauan yang luas ataupun materi yang lain.


Ketersediaan
40-UN57.U1-SI-XII-2022IPA SIF P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SIF P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XIV;70HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik