Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP KELAS VIII
ABSTRAK
Sifa, Gus. 2022. “Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMP Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd. Pembimbing II Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci: Modul, Problem Based Learning, Penguasaan Konsep
Penguasaan konsep yakni kemampuan awal bagi siswa guna memahami suatu pengetahuan dengan baik dan benar. Penelitian ini berawal dari beberapa permasalahan yang didapatkan di SMP N 11 Magelang, adapun permasalahan yang didapatkan yaitu (1) guru sudah melatihkan penguasaan konsep tetapi penguasaan konsep siswa masih rendah, dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa masih rendah (2) pembelajaran masih bersifat konvensional atau berpusat pada guru (3) belum ada modul IPA yang memfasilitasi siwsa dalam penguasaan konsep. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian dengan judul pengembanagn modul berbasis PBL untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP kelas VIII. Tujuan penelitian ini antara lain (1) menganalisis kelayakan modul berbasis Problem based learning untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMP kelas VIII (2) menganalisis respon siswa terhadap kepraktisan penggunaan modul yang diimplementasikan di SMP N 11 Magelang (3) menganalisis efektivitas pengembangan modul berbasis Problem based learning terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini didesain menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan atau biasa disebut dengan R&D (Research and Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini diantaranya yaitu dua dosen Pendidikan IPA Universitas Tidar dan tiga guru IPA. Satu kelas IX sebagai uji validitas dan reliabilitas instrumen soal, dua kelas VIII sebagai kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII C). Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Data didapat melalui lembar validasi ahli, angket respon siswa dan tes penguasaan konsep. Hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) modul berbasis PBL dinyatakan layak dengan perolehan 4,08 atau 80,5 % dalam kategori sangat valid (2) keprakrisan modul mendapatkan nilat rata-rata 3,89 atau 79,8 % termasuk dalam kriteria praktis (3) modul berbasis PBL diyatakan efektif dimana memperoleh N-Gain 0,56 termasuk kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini yaitu modul berbasis PBL dinyatakan layak digunakan, praktis dan efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa. Peneliti menyarankan kepada guru dan peneliti lain untuk mengembangkan produk ini dengan jangkauan yang luas ataupun materi yang lain.
40-UN57.U1-SI-XII-2022 | IPA SIF P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain