Text
SKRIPSI PENERAPAN STRATEGI JIGSAW DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Khasanah, Usfatun Rizky. 2022. “Penerapan Strategi Jigsaw dalam Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Rendahnya hasil belajar siswa menjadi permasalahan utama di sekolah. Hal ini diakibatkan karena kurangnya penguasaan konsep pada siswa. Siswa dikatakan memahami konsep apabila mampu mengerti tentang apa yang mereka pelajari dan mengutarakan kembali dengan bahasanya sendiri. Permasalahan yang sering muncul di lapangan adalah hasil belajar terkadang tidak mampu mencapai batas minimal yang ditentukan oleh guru sebagai acuan ketuntasan terhadap sebuah materi. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran yang relevan dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan konsep IPA yaitu penerapan model pembelajaran guided inquiry yang diinovasikan dengan strategi jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa SMP yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran guided inqury yang diinovasikan dengan strategi jigsaw. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sampang. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 32 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 17 soal yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji signifikasi terdiri dari uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, uji N-Gain, dan uji effect size. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Wilcoxon antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol hasilnya sama yaitu 0,00 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Hasil uji Mann Whitney pada nilai pretest yaitu 0,589 > 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan sedangkan pada nilai posttest hasilnya 0,004 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5982 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,4966, keduanya termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji effect size sebesar 0,7952, yang artinya memberikan pengaruh besar. Penerapan model pembelajaran guided inquiry yang diinovasikan dengan strategi jigsaw mampu meningkatkan penguasaan konsep IPA pada siswa SMP.
Kata Kunci: guided inquiry, penguasaan konsep, strategi jigsaw
39-UN57.U1-SI-XII-2022 | IPA KHA P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain