PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN STRATEGI JIGSAW DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMP

USFATUN RIZKY KHASANAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Khasanah, Usfatun Rizky. 2022. “Penerapan Strategi Jigsaw dalam Model Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Rendahnya hasil belajar siswa menjadi permasalahan utama di sekolah. Hal ini diakibatkan karena kurangnya penguasaan konsep pada siswa. Siswa dikatakan memahami konsep apabila mampu mengerti tentang apa yang mereka pelajari dan mengutarakan kembali dengan bahasanya sendiri. Permasalahan yang sering muncul di lapangan adalah hasil belajar terkadang tidak mampu mencapai batas minimal yang ditentukan oleh guru sebagai acuan ketuntasan terhadap sebuah materi. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran yang relevan dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan penguasaan konsep IPA yaitu penerapan model pembelajaran guided inquiry yang diinovasikan dengan strategi jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa SMP yang proses pembelajarannya menggunakan model pembelajaran guided inqury yang diinovasikan dengan strategi jigsaw. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Sampang. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 32 siswa. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 17 soal yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji signifikasi terdiri dari uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, uji N-Gain, dan uji effect size. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Wilcoxon antara nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol hasilnya sama yaitu 0,00 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Hasil uji Mann Whitney pada nilai pretest yaitu 0,589 > 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan sedangkan pada nilai posttest hasilnya 0,004 < 0,05, yang artinya adanya perbedaan. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5982 sedangkan kelas kontrol sebesar 0,4966, keduanya termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji effect size sebesar 0,7952, yang artinya memberikan pengaruh besar. Penerapan model pembelajaran guided inquiry yang diinovasikan dengan strategi jigsaw mampu meningkatkan penguasaan konsep IPA pada siswa SMP.
Kata Kunci: guided inquiry, penguasaan konsep, strategi jigsaw


Ketersediaan
39-UN57.U1-SI-XII-2022IPA KHA P 2022Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA KHA P 2022
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2022
Deskripsi Fisik
XIV;58HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik