Text
SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR
ABSTRAK
Purwandini, Bella N. 2022. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bangun Datar Segi Empat dan Segitiga Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Bangun Datar Segi Empat dan Segitiga, Karakteristik Cara Berpikir, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Penelitian ini didasarkan pada hasil tes kemampuan awal pemahaman konsep matematis siswa yang masih tergolong rendah dengan rata-rata 35,67. Kondisi ini dikarenakan beberapa masalah yang muncul selama proses pembelajaran matematika, yakni sebagaian besar siswa hanya sekedar menghafalkan rumus, bukan memahami konsep matematika, dengan demikian saat diberikan soal pemahaman siswa kurang dapat memilih cara yang tepat dan belum mampu menjawab soal dengan benar. Faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis ialah karakteristik cara berpikir siswa. Sementara itu tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi bangun datar segi empat dan segitiga ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII F dan VII G SMPN 3 Muntilan tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan ialah angket karakteristik cara berpikir, tes kemampuan pemahaman konsep matematis, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa data hasil karakteristik cara berpikir, data hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun data segi empat dan segitiga serta transkrip wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan karakteristik cara berpikir sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret, dan acak abstrak memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis pada tingkat sedang.
24-UN57.U1-SPM-XII-2022 | MATEMATIKA PUR A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain