Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTUAN LKPD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS XI
ABSTRAK
Ningsih, I. V. V. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, M.Sc., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, M.Pd.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang berguna untuk menyelesaikan masalah matematika dan kehidupan sehari-hari. Indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu memahami masalah, merencanakan strategi penyelesaian, melaksanakan strategi penyelesaian, dan memeriksa kembali hasil. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu berbentuk pretest-posttest control group design. Populasi, yaitu siswa kelas XI MIA MAN 1 Magelang tahun ajaran 2022/2023. Sampel adalah kelas XI MIA 2 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIA 4 (kelas kontrol) yang dipilih menggunakan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, analisis kategori kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, indeks gain, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil pengujian hipotesis dengan uji independent t-test menunjukkan bahwa thitung > 0,05, yaitu 0,215 > 0,05. Selain itu, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen > rata-rata nilai posttest kelas kontrol, yaitu 76,17 > 74,13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan LKPD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI sebesar 0,215. Terdapat beberapa saran terkait hasil penelitian, yaitu pemilihan model dan media pembelajaran harus bisa meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Model pembelajaran Realistic Mathematics Education perlu terus diterapkan dan dikembangkan pada materi lain agar siswa lebih memahami materi yang dipelajari.
23-UN57.U1-SPM-XII-2022 | MATEMATIKA NIN P 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain