Text
SKRIPSI UJI EKSPERIMENTAL KENDARAAN RODA DUA 110 CC DENGAN VARIASI BUSI TERHADAP PERFORMA DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR
ABSTRAK
Dalam dunia otomotif untuk meningkatkan performa mesin bisa didapatkan dengan memaksimalkan pembakaran yang terjadi di ruang bakar. Dalam sistem pengapian busi memegang peranan penting. Busi merupakan salah satu dari komponen utama dari motor bakar yang berfungsi untuk memercikkan bunga api untuk membakar campuran bahan bakar dan udara dalam ruang bakar. Salah satu cara mendapatkan pembakaran yang sempurna adalah dengan meningkatkan intensitas penyalaan bunga api dari busi. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan performa mesin dan konsumsi bahan bakar menggunakan variasi busi standar, busi platinum dan busi iridium pada mesin sepeda motor Honda Beat FI 110 cc tahun 2018 dengan menggunakan metode eksperimental, pengujian performa dilakukan menggunakan alat dynotest. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa pada penggunaan busi standar, platinum, dan iridium didapat hasil torsi terbesar pada penggunaan busi iridium sebesar 14,49 N.m pada putaran mesin 4000 rpm, sedangkan daya terbesar yang dihasilkan sebesar 8,36 HP pada putaran 5000 rpm dengan penggunaan busi iridium, dan konsumsi bahan bakar spesifik yang dihasilkan sebesar 1,501 L/Hp.H pada putaran mesin 4000 rpm dengan penggunaan busi iridium.
Kata kunci: Performa mesin, Konsumsi bahan bakar, Busi.
112-UN57.U1-STM-XII-2022 | MESIN IND U 2022 | Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain