PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS AKTIVITAS OTAK DAN PARAMETER EMOSI SELAMA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS MULTIREPRESENTASI MENGGUNAKAN EEG

PIPIT RAHAYU - Nama Orang;

ABSTRAK
Rahayu, Pipit. 2022. Analisis Aktivitas Otak dan Parameter Emosi Selama Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Multirepresentasi Menggunakan EEG. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Aktivitas Otak, Parameter Emosi, Bahan Ajar Berbasis Multirepresentasi.
Adanya rangkaian revolusi industri hingga era society yang terjadi pada abad 21 berdampak terhadap kemampuan yang perlu dikembangkan kepada siswa. Kemampuan 4C perlu dikembangkan dalam pembelajaran guna mendukung siswa menjadi seorang inovator. Bahan ajar berbasis multirepresentasi secara eksperimen mampu meningkatkan kemampuan 4C siswa. Analisis secara kognitif diperlukan agar menelaah tentang dampak penggunaan bahan ajar berbasis multirepresentasi yang dilihat dari aktivitas otak dan parameter emosi. Penelitian ini yang pertama bertujuan untuk mengetahui karakteristik bahan ajar berbasis multirepresentasi yang dibutuhkan oleh siswa SMP. Kedua agar mengetahui aktivitas otak siswa selama menggunakan bahan ajar berbasis multirepresentasi. Ketiga peneliti mengetahui parameter emosi siswa selama menggunakan bahan ajar berbasis multirepresentasi. Keempat peneliti mengetahui perbedaan aktivitas otak siswa selama menggunakan bahan ajar berbasis multirepresentasi dan bahan ajar konvensional. Tujuan yang terakhir peneliti mengetahui perbedaan parameter emosi siswa selama menggunakan bahan ajar berbasis multirepresentasi dan bahan ajar konvensional. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif dengan pendekatan educational neuroscience. Pada tahap awal identifikasi karakteristik bahan ajar berbasis multirepresentasi sesuai kebutuhan siswa ditemukan berjumlah sepuluh. Pada penelitian ini dijumpai bahwa bahan ajar berbasis multirepresentasi mampu memberikan aktivitas di kedua bagian otak (lobus oksipital, lobus frontal, dan lobus parietal) sedangkan pada bahan ajar konvensional memberikan aktivitas di otak kiri saja (lobus oksipital dan lobus frontal). Siswa mengalami emosi negatif yang menurun selama menggunakan bahan ajar berbasis multirepresentasi dibandingkan bahan ajar konvensional yang memberikan peningkatan. Kesimpulannya bahan ajar berbasis multirepresentasi mampu memberikan aktivitas di kedua bagian otak, sedangkan bahan ajar konvensional hanya di bagian kiri saja. Pada indikator parameter emosi bahan ajar konvensional menyebabkan siswa memiliki stres (emosi negatif) yang meningkat dibandingkan bahan ajar berbasis multirepresentasi. Hal tersebut dapat menjadi landasan bahwa bahan ajar berbasis multirepresentasi dapat direkomendasikan dibandingkan bahan ajar konvensional agar aktivitas otak dan emosi positif siswa meningkat sehingga menunjang pemahamannya.


Ketersediaan
1-UN57.U1-SI-I-2023IPA RAH A 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA RAH A 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XV;129HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik