Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS PROBLEM BASED LEARNING DIPADU METODE SCAFFOLDING BERBANTUAN MODUL IPA TERPADU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
ABSTRAK
Dhewi, T. A. 2022. “Efektivitas Problem Based Learning Dipadu Metode Scaffolding Berbantuan Modul IPA Terpadu Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci: PBL, Scaffolding, Modul IPA Terpadu, Keterampilan Proses Sains.
Indikator keterampilan proses IPA siswa dalam pembelajaran tatap muka terhadap nilai yang diperoleh masih di bawah KKM, yang menunjukkan bahwa siswa SMP 10 Magelang masih memiliki kemampuan proses IPA yang buruk. Untuk meningkatkan kemampuan proses sains, penelitian ini akan meneliti sejauh mana model pembelajaran problem based learning dalam hubungannya dengan scaffolding dan modul sains terintegrasi sangat membantu. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk quasi experiment. Desain kelompok kontrol penelitian ini tidak sama. 64 siswa mengambil bagian dalam mata pelajaran, termasuk 32 dari kelas VII-D dan 32 dari VII-F. menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data. Instrumen tes berupa pretest-posttest dan angket motivasi merupakan contoh alat penelitian yang dapat digunakan. Pada kelas VIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIIF sebagai kelas eksperimen, ditunjukkan temuan uji t. H0 ditolak dan H1 diterima jika uji-t menghasilkan signifikansi 0,001 0,8. Dengan proporsi kelas kontrol mencapai 83,33% dan proporsi kelas eksperimen 45 mencapai 86,36%, pelaksanaan pembelajaran kedua pembelajaran tersebut masuk dalam kategori sangat baik. Menurut penelitian, model pembelajaran problem based learning yang dipadukan dengan modul IPA terpadu untuk scaffolding dan model pembelajaran tradisional yang dipasangkan dengan buku paket untuk scaffolding berbeda dalam seberapa baik siswa di SMP Negeri 10 Magelang mampu menggunakan keterampilan proses sains. Untuk mengetahui seberapa besar paradigma pembelajaran PBL dapat memajukan pemahaman siswa terhadap metode ilmiah, Peneliti selanjutnya direkomendasikan untuk melakukan studi terkait menggunakan pendekatan yang lebih baru dan sumber belajar alternatif.Selain itu, model pembelajaran PBL dapat digunakan guru IPA untuk alat peraga dalam pembelajaran IPA apabila dikombinasikan dengan scaffolding dan modul IPA yang terintegrasi. Temuan penelitian ini diyakini dapat menjadi inspirasi bagi penelitian ke depan menuju strategi pembelajaran yang lebih baik.
42-UN57.U1-SI-XII-2022 | IPA DHE E 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain