Text
SKRIPSI ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING DALAM SKEMA PEMBELAJARAN DARING PADA SMPN SE-KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Sitorus, Patar Ariyanto. 2022. “Analisis Faktor-Faktor Penghambat Implementasi PBL Dalam Skema Pembelajaran Daring di SMPN Se-Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci : Hambatan, Pembelajaran Daring, Problem Based Learning
Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya temuan terkait hambatan dalam implementasi model PBL dengan skema daring di SMPN se-Kota Magelang. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan oleh peneliti pada beberapa guru di SMPN Kota Magelang, ditemukan bahwa terdapat kendala dalam implementasi PBL skema daring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penghambatan yang dihadapi guru IPA SMPN se-Kota Magelang dalam implementasi model pembelajaran PBL secara daring, sehingga peneliti dapat mengetahui faktor-faktor penghambat implementasi PBL yang memiliki dampak paling signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik sampling delphi 2 putaran dan teknik analisis data menggunakan v aiken. Pada teknik sampling delphi 2 putaran, peneliti akan menyebarkan angket putaran pertama kepada 20 guru dan pada putaran kedua peneliti juga akan menyebarkan angket kepada 20 guru. Hasilnya kemudian diolah menggunakan teknik analisis data v aiken. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat 16 faktor penghambat implementasi PBL skema daring. Sesuai dengan v aiken, nilai validitas yang telah diperoleh dibagi menjadi 3 kategori, yaitu : rendah, sedang dan tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh terdapat 2 faktor penghambat yang memiliki nilai validitas paling tinggi yaitu adalah literasi/minat baca siswa masih kurang ketika diberikan suatu permasalahan atau fenomena untuk dipecahkan dengan skor validitas 0,8125 dan terjadi kendala pada siswa terkait sinyal dan kuota saat ingin melaksanakan pembelajaran daring dengan metode problem based learning dengan skor validitas 0,825. Dapat diketahui bahwa kedua faktor penghambat tersebut memiliki dampak paling signifikan terhadap implementasi PBL skema daring di SMPN se-Kota Magelang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi/minat baca siswa masih kurang ketika diberikan suatu permasalahan atau fenomena untuk dipecahkan dengan skor validitas 0,8125 dan terjadi kendala pada siswa terkait sinyal dan kuota saat ingin melaksanakan pembelajaran daring dengan metode problem based learning dengan skor validitas 0,825, merupakan 2 faktor penghambat yang memiliki dampak signifikan terhadap implementasi PBL skema daring. Sehingga kedepannya diperlukan solusi-solusi untuk mengatasi 2 faktor penghambat tersebut agar terciptanya proses belajar mengajar daring yang lancar menggunakan model PBL.
41-UN57.U1-SI-XII-2022 | IPA SIT A 2022 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain