Text
SKRIPSI ANALISIS AKTIVITAS OTAK DAN PARAMETER EMOSI SELAMA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS WEB (E-MODUL) DENGAN EEG
ABSTRAK
Murtasimah. 2022. “Analisis Aktivitas Otak dan Parameter Emosi Selama Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Web (E-modul) Dengan EEG”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Pandemi covid-19 memberikan dampak besar, salah satunya dibidang pendidikan yang mengharuskan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Pembelajaran IPA secara daring membutuhkan bahan ajar yang sesuai kebutuhan. E-modul merupakan solusi karena berbentuk digital yang efektif, efisien dan membangun kemandirian peserta didik. Tujuan penelitian yaitu (1) mengetahui karakteristik bahan ajar yang sesuai kebutuhan peserta didik, (2) mengetahui aktivitas otak peserta didik ketika menggunakan bahan berbasis web (e-modul), (3) untuk menganalisis parameter emosi peserta didik ketika menggunakan bahan ajar berbasis web (e-modul), (4) untuk menganalisis perbandingan aktivitas otak peserta didik ketika menggunakan bahan ajar berbasis web (e-modul) dan bahan ajar cetak, (5) untuk menganalisis perbandingan parameter emosi peserta didik ketika menggunakan bahan ajar berbasis web (e-modul) dan bahan ajar cetak. Pendekatan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif paham naturalistic. Teknik Pengumpulan data penelitian ini yaitu wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data penelitian ini yaitu uji kredibilitas data, uji transferbilitas data, uji dependabilitas data dan uji konfirmabilitas data. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode perbandingan tetap. Hasil penelitian ini yaitu (1) terdapat tujuh indikator karaktersitik bahan ajar berbasis web berdasarkan metode delphi dua putaran (2) dominasi aktivitas otak ketika menggunakan bahan ajar berbasis web (e-modul) yaitu otak kiri, namun terdapat aktivitas otak kanan yang intensitasnya lebih rendah karena pengaruh bahan ajar dan jenis kelamin, (3) tren parameter emosi ketika menggunakan bahan ajar berbasis web menunjukkan peningkatan parameter emosi positif dan penurunan parameter emosi negatif, (4) perbadingan aktivitas otak ketika menggunakan bahan ajar berbasis web mampu mengaktifkan otak kiri dan otak kanan meskipun belum seimbang, aktivitas otak ketika menggunakan bahan ajar cetak hanya mampu mengaktifkan otak kiri serta jenis kelamin tidak mempengaruhi aktivitas otak berdasarkan analisis aktivitas otak, (5) perbandingan parameter emosi ketika menggunakan bahan ajar berbasis web terjadi peningkatan parameter emosi positif dan penurunan parameter emosi negatif, ketika menggunakan bahan ajar cetak terjadi penurunan parameter emosi positif dan peningkatan parameter emosi negatif. Simpulan penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis web (e-modul) terbukti mampu mengaktifkan lebih baik aktivitas otak dengan baik antara otak kiri dan otak kanan serta mampu meningkatkan parameter emosi positif dibandingkan dengan bahan ajar cetak.
Kata kunci: Aktivitas Otak, Bahan Ajar (E-modul), Parameter Emosi
2-UN57.U1-SI-I-2023 | IPA MUR A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain