Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS VIII PADA MATERI CAHAYA DAN OPTIK DI SMPN 7 MAGELANG
ABSTRAK
Zahrania, Ainun. 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas VIII pada Materi Cahaya dan Optik di SMPN 7 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata Kunci: POE, Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kritis
Pembelajaran IPA tidak hanya berisikan dasar pengertian saja tetapi juga perlu suatu penemuan dan pengembangan pengetahuan. Pembelajaran IPA di SMPN 7 Magelang menghadapi permasalahan yaitu kurang optimalnya keterampilan proses sains (KPS) dan kemampuan berpikir kritis. Hal tersebut dikarenakan guru cenderung memberikan soal-soal latihan dan serangkaian tugas sehingga hanya beberapa siswa yang aktif sedangkan sebagian besar siswa merasa kesulitan untuk menemukan konsep yang sesungguhnya dalam pembelajaran IPA. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) keefektifan penerapan model pembelajaran POE dalam meningkatkan keterampilan proses sains (2) keefektifan penerapan model pembelajaran POE dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis (3) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran POE pada materi cahaya dan optik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental research yang menggunakan non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMPN 7 Magelang dengan sampel kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Pengumpulan data penelitian berupa tes tertulis dan angket respon siswa. Hasil perhitungan nilai effect size di kelas eksperimen diperoleh nilai 0,55 untuk keterampilan proses sains dan 0,66 untuk kemampuan berpikir kritis. Hasil uji effect size tersebut menunjukkan kategori besar, artinya model pembelajaran POE dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa.
4-UN57.U1-SI-II-2023 | IPA ZAH E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain